0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran, Harga Daging Sapi Tembus Rp 150 Ribu/Kg

Pedagang daging sapi di pasar tradisional (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kebijakan pemerintah membuka kran impor daging sapi untuk tujuan menekan harga, sepertinya tidak cukup berhasil. Pasalnya sampai saat ini, harga daging sapi lokal di pasaran terus melambung tinggi.

“Harga daging sapi lokal sampai dengan H+2 Lebaran sudah menembus angka Rp 140 ribu – Rp 150 ribu per kilogram,” ujar salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Legi Solo, Pujiani kepada Timlo.net, Sabtu (9/7).

Dikatakan, harga daging sapi tersebut naik secara bertahap dari saat sebelum Lebaran. Karena sebelumnya, harga daging sapi lokal hanya berkisar Rp 110 ribu – Rp 120 ribu per kilogram. Tingginya harga itu selain dipengaruhi harga pakan, juga karena permintaan yang meningkat saat Lebaran.

“Saat Lebaran ini permintaan daging dari masyarakat cukup tinggi. Jika sebelumnya hanya habis satu ekor sapi per hari, saat Lebaran meningkat hingga tiga ekor sapi per hari,” jelasnya.

Dirinya juga menilai, kebijakan pembukaan impor daging sapi oleh pemerintah tidak cukup berdampak secara signifikan. Hal itu mengingat daging sapi impor itu, secara kualitas lebih jelek dari daging sapi lokal. Sehingga kalaupun ada yang berminat, hanya untuk konsumsi dengan skala besar, seperti hotel dan catering.

“Karena yang diimpor kan daging sapi beku. Sehingga masyarakat cenderung lebih memilih daging sapi segar, jika untuk dikonsumsi sendiri,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge