0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mudik ke Wonogiri? Ini Kuliner yang Patut Anda Cicipi

dok.timlo.net/tarmuji
Sate kambing Pak Tarman Janur Kuning, Baturetno, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Bagi yang mudik Lebaran atau kebetulan lewat di Kecamatan Baturetno dan Giriwoyo, Wonogiri, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas daerah ini. Karena kuliner khas daerah terebut rasanya tidak ada di daerah lain, apalagi di Jakarta.

Sate kambing Pak Tarman, Janur Kuning, ya sate kambing Pak Tarman Janur Kuning ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Terletak di sisi timur Pasar Baturetno persis utara Bangjo, buka 24 jam nonstop. Banyak sate yang di Baturetno, tapi sate Pak Tarman ini terkenal karena dagingnya yang empuk dan bumbu yang meresap.

Selain sate, ada menu lain yang takkalah nikmatnya dan perlu Anda coba, tongseng. Menu ini pun beda dengan daerah lain. Karena tongseng ini dibumbui dengan bumbu kacang,dan kuah yang kental, sehingga rasa nikmat menggigit dilidah.

Selain sate, Baturetno juga ada menu khas yang perlu dicoba,warung makan Bu Nemleg,terletak di selatan Kota Kecamatan Baturetno  atau tepatnya di Dusun Batukidul, Desa Baturetno. Menu yang dimiliki warung makan Bu Nemleg ini yakni Soto dan Sego Pecel Tumpang.

Tapi jangan salah, soto khas Nemleg ini memiliki kuah yang kental dan nikmat. Kemudian,sego pecel,mungkin banyak sego atau nasi pecel yang dijual di warung makan lainnya. Akan tetapi sego pecel Nemleg ini memiliki keunikan, dimana sego pecel ditambahi dengan tumpangan berupa daging sapi dimasak empal, dan tumpang telor serta bacem tempe tahu yang gurih.

Masih ada lagi, di warung Bu Nemleg ini tak lengkap jika tidak menjajal nikmatnya teh gula batu yang kental dan mantap.

Nah, bagi Anda yang singgah di Kecamatan Giriwoyo bisa mencicipi nikmatnya opor ayam asli Giriwoyo. Letak warung makan ini pun mudah sekali, persis di sebalah barat Polsek Giriwoyo. Daging ayam yang lunak,ibarat kata disenggol lidah saja luntur dan kuah kental berwarna kuning yang nikmat memanjakan lidah Anda.

Satu lagi, kuliner khas Giriwoyo yang sudah terkenal di seluruh Wonogiri. Yakni Sego Tiwul Mbah Sembleng. Lokasinya memang masuk di dalam Dusun Sejati, Desa Sejati, tapi akses jalan sangat mudah sekali dijangkau.

Di sana penggila kuliner khusus pecinta nasi tiwul dapat memanjakan lidahnya. Di warung ala kampung ini disediakan menu nasi tiwul dan sambal bawang dilengkapi dengan sayur lombok ijo serta aneka gorengan.

Takperlu khawatir, soal harga kuliner-kuliner ini, karena sangat terjangkau dan tidak memberatkan isi kantong anda.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge