0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

ICMI Ikut Komentar Soal Kemacetan di Tol Brebes

Exit tol Brebes macet (merdeka.com)

Timlo.net – Kemacetan parah yang terjadi di Brebes dinilai bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) harus ikut bertanggung jawab atas insiden macet tersebut.

“Pengelola jalan tol harus ambil tanggung jawab korban-korban harus diurusin, harus disantunin, jangan bilang ini bukan tanggungjawab saya. Tidak boleh begitu,” kata Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie di Jakarta, Jumat (8/7).

Jimly menuturkan, terkait kemacetan Brebes ini, pemerintah tidak melulu jadi pihak yang disalahkan. Dia mempertanyakan di mana peran petinggi-petinggi pengelola tol saat terjadi hal-hal semacam ini.

“Tapi tidak selalu harus pemerintah, manajemen jalan tol nya, anda mau jadi ketua, mau jadi direktur, tapi enngak mau ambil tanggung jawab, bagaimana?” ujar dia.

“Saya rasa, jangan saling cari kesalahan orang lain, sedikit-sedikit pemerintah, sedikit-sedikit pemerintah. Loh ini kan manajemen jalan tol sudah ada, jadi harus diperhitungkan arus mudik berapa, jalan keluar berapa, itu kan. Nah ini kurang diantisipasi,” timpal dia.

Jimly berharap dengan adanya korban atas kemacetan parah di sejumlah titik jalur mudik, khususnya di Brebes, baik pemerintah dan pihak pengelola tol bisa berbenah diri. Diharapkannya, pada mudik tahun berikutnya, pemerintah dan BPJT bisa bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

“Jadi walhasil ini musibah yang harus kita terima dan mudah-mudahan dapat dijadikan pelajaran untuk perbaikan ke depan,” tandas Jimly.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge