0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apple Dikalahkan Produsen Smartphone Lokal di Cina

Dok: Timlo.net/ Phone Arena.
Kloning iPhone 7. (Dok: Timlo.net/ Phone Arena.)

Timlo.net—Cina adalah pasar terbesar di dunia untuk smartphone dan merupakan pasar yang sangat penting untuk Apple dan iPhone. Tapi penjualan iPhone di negara itu tidak terlalu baik. Kuartal lalu saat perusahaan itu melaporkan penurunan penjualan iPhone untuk pertama kali dalam sejarah, penjualan di wilayah Cina (termasuk Hong Kong, Makau, Taiwan dan Cina daratan) turun 26 % menjadi $12, 49 milyar.

Menurut Counterpoint Research, penjualan iPhone mencapai 10,8 persen di pasar Cina kuartal lalu, turun 12% dari waktu yang sama tahun lalu. Bloomberg mencatat jika penurunan ini membuat Apple menduduki posisi kelima dari pemasaran smartphone di China.

Brand smartphone lokal rupanya mengalahkan Apple. Sebanyak 53% smartphone yang beredar di negara itu kuartal lalu diproduksi oleh perusahaan-perusahaan lokal seperti Xiaomi, Huawei, Vivo dan Oppo. Sedangkan Apple sekarang memusatkan perhatian mereka ke negara terbesar kedua di dunia untuk penjualan smartphone, India.

Kuartal lalu, penjualan iPhone di negara itu naik 53% untuk penjualan year-over-year. Satu-satunya masalah adalah penghasilan per kapita India rendah. Penduduk di negara itu tidak mampu membeli smartphone mahal dan memilih membeli smartphone murah. Sebanyak 70% smartphone baru yang terjual di India memiliki harga di bawah Rp 2 juta. Padahal harga iPhone di negara itu melebihi Rp 3 juta. Untuk mengatasi masalah ini, Apple meminta izin menjual iPhone daur ulang di India. Tapi pemerintah menolak rencana Apple.

Sumber: Phone Arena.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge