0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Kegiatan Presiden Jokowi di Kampung Halaman

timlo.net/nanang rahadian
Jokowi pulang kampung (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pulang ke kampung halamannya di Dusun Kauman, Desa Kragan, Gondangrejo, Kamis (7/7). Dia mengunjungi rumah pamannya, Heru Purnomo, dan membagikan 1.250 paket sembako kepada warga di tujuh dusun di Desa Kragan.

“Saya hadir di sini karena kangen,” kata Jokowi saat mendapat giliran menyambut ribuan warga Desa Kragan, Gondangrejo, Kamis (7/7).

Jokowi sampai di rumah pamannya sekitar pukul 10.25 WIB. Rumah pamannya itu tepat berada di depan balaidesa Kragan. Rumah tanpa pagar dan ada toko di depan rumah itu sering disinggahi Jokowi kecil. Dia mengingat masa kecilnya saat duduk di bangku taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama (SMP).

“Kecilan saya pas TK, SD, SMP itu hampir setiap 1-2 pekan sekali ke sini,” ujar dia.

Lalu, Jokowi teringat perjalanannya saat berangkat dan pulang sekolah. Dia menumpang bus saat berangkat dan pulang sekolah. Lantas perjalanan disambung dengan jalan kaki sampai tepi aliran Sungai Bengawan Solo. Jokowi kecil harus menyeberang sungai dari Desa Kebak menuju Desa Kragan.

“Ini desa almarhum bapak saya di sini. Eyang saya dulu di sini. Kecilan saya itu naik perahu dan naik gethek. Pas banjir besar ya tetap naik perahu dan naik gethek.

Selesai menyapa warga Kragan sekitar pukul 11.00 WIB, Jokowi  bergegas menuju makam bapak dan eyangnya. Lokasi makam tidak jauh dari rumah pamannya. Sementara itu, Kepala Desa Kragan, Widada, mengaku mendengar cerita tentang eyang dan bapak Jokowi dari cerita tetua dan tokoh masyarakat jaman dulu. Kakek Jokowi, Wirjo Miharjo, pernah menjabat sebagai kepala desa Kragan.

Rumah di depan balaidesa itu menyimpan sejarah perjalanan hidup Jokowi dan keluarga besarnya. Widada juga bercerita tentang pribadi paman Jokowi, Heru Purnomo. Heru membuka toko kelontong di rumahnya. Dia salah satu tokoh masyarakat yang disegani di Kragan.

“Pribadinya sederhana. Beliau sering membantu warga. Jalan ke makam itu juga dibetulkan. Masjid Darusalam yang masih setengah jadi itu juga,” ujar Widada.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge