0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kampung Dolanan Tradisional, Lestarikan Warisan Budaya

timlo.net/aditya wijaya
Anak-anak ditemani orangtuanya menghabiskan waktu di Kampoeng Dolanan Nusantara yang ada di Taman Wisata Candi Prambanan (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten – Berkunjung ke kompleks Taman Wisata Candi Prambanan jangan lupa mampir ke “Kampoeng Dolanan Anak Nusantara.” Sebab, wahana berisi berbagai permainan tradisional yang hadir selama libur lebaran ini tidak hanya mengajak nostalgia, tapi juga sarana edukasi warisan budaya bagi anak-anak.

“Ini kita khusus datang dalam rangka Lebaran saja, sejak kemarin. Tujuannya untuk mendukung kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan dan menyebar keramaian biar enggak hanya fokus ke candi saja,” kata pengelola “Kampoeng Dolanan Anak Nusantara,” Abbet Nugroho, Kamis (7/7).

Diterangkan, “Kampoeng Dolanan Nusantara” berasal dari Dusun Sodongan, Desa Bumiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Pihaknya menyediakan banyak permainan tradisional yang bebas dimainkan, dan gratis. Adapun sasarannya anak-anak sekolah, dari PAUD hingga SMP.

Dari pantauan, lokasi “Kampoeng Dolanan Nusantara” di Candi Prambanan berdekatan dengan pameran purbakala. Letaknya cukup teduh, dibawah pepohonan rindang dan mencolok mata lantaran ada berbagai wahana yang disediakan. Diantaranya, gasing bambu, egrang batok dan egrang bambu, bakiak, lompat karet, jungkat-jungkit, ayunan, dan dakon. Pada H+7 Lebaran atau akhir perjumpaan, pihaknya juga bakal mengajak pengunjung untuk bermain gamelan.

“Selain itu kita integrasikan dengan membatik dan membuat gerabah dengan merogoh kocek Rp 10 ribu untuk ganti bahan. Jadi ini semacam wahana wisata edukatif dan melestarikan warisan budaya. Pasalnya anak-anak saat ini cenderung individulistis dalam pergaulan karena faktor game online dan gadget. Maka lewat permainan ini kita ajarkan nilai-nilai kejujuran, hingga gotong royong,” jelas Abbet yang merupakan Lurah “Kampoeng Dolanan Nusantara.”

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge