0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Libur Lebaran, 25 Ribu Wisatawan Padati Candi Prambanan

timlo.net/aditya wijaya
Ribuan wisatawan memadati Candi Prambanan untuk menghabiskan libur Lebaran (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan diserbu pengunjung selama libur Lebaran 2016. Terhitung sejak awal Juli, puluhan ribu wisatawan baik nusantara maupun mancanegara memadati candi Hindhu yang dibangun pada abad ke-10 itu.

“Dari tanggal 1-6 Juli total ada 23.909 pengunjung. Dari wisatawan nusantara sebanyak 22.191 orang, sedangkan mancanegara 1.718 pengunjung. Untuk hari kedua Lebaran ini belum kami hitung lantaran pencatatannya setiap sore,” ujar Kasubdiv Humas dan Protokol PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Dewi Krisnawati, Kamis (7/7).

Berdasarkan data, ledakan pengunjung terbanyak terjadi pada 4 Juli atau H-2 yang mencapai 5.094 wisatawan. Sedangkan pada hari H Lebaran atau 5 Juli, jumlah pengunjung mencapai 4.178 wisatawan. Pihaknya menargetkan kenaikan 10-15 persen dibanding libur Lebaran tahun lalu atau sekitar 300 ribu wisatawan.

Terkait harga tiket masuk, Dewi menerangkan, tak ada kenaikan selama libur Lebaran. Tiket masuk dewasa Rp 30 ribu per orang, sedangkan untuk anak-anak dan pelajar Rp 12.500 per orang. Sementara bagi wisatawan mancanegara senilai 18 dolar Amerika.

“Kami juga menambah atraksi hiburan selama libur lebaran ini. Sehingga pengunjung tidak hanya fokus ke candi, tapi juga bisa menikmati wahana permainan lainnya,” terang dia.

Sementara, salah seorang pengunjung, Hendra Ari Wibowo (36) mengaku, sengaja mengajak anak istrinya untuk mudik ke Klaten sekaligus berwisata di Candi Prambanan. Selain harga tiket masuk yang terjangkau, juga bisa belajar sejarah.

“Pengen saja ngajak anak-anak ke Prambanan. Kan selama ini hanya lewat dan lihat dari luar. Meski tadi jalannya kesini sempat macet,” ujar pemudik asal Ngawi ini.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge