0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara Mengatasi Mabuk Darat Dalam Perjalanan

dok.timlo.net/putra kurnioawan
Pemudik padati Jl Ahmad Yani, Kartasura (dok.timlo.net/putra kurnioawan)

Timlo.net—Setelah menghabiskan waktu liburan Idul Fitri di kampung halaman dan bersiap untuk pulang, tentunya baik untuk mempersiapkan kesehatan dalam perjalanan pulang. Jika Anda mengalami masalah mabuk darat dalam perjalanan panjang naik transportasi darat, berikut ini tips untuk Anda.

Apa itu mabuk darat?

Menurut Daniel Allan, M.D., dokter kesehatan keluarga dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat (AS), mabuk darat adalah gangguan sistem keseimbangan di dalam telinga dalam.

“Saat telinga Anda mendeteksi adanya gerakan dan mata Anda tidak menangkap gerakan yang sama atau ada sedikit ketidakcocokkan antara yang Anda lihat dan rasakan, Anda merasa sakit dan beberapa orang sangat mudah terkena masalah ini,” kata Dr. Allan.

Mabuk laut dan udara sebenarnya terjadi karena hal yang sama dengan mabuk darat. Gejala mabuk darat ini termasuk mual, sakit kepala, pusing, keringat berlebih dan air liur bertambah.

Menghindari mabuk darat

Untuk mereka yang cenderung mengalami mabuk darat ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa sakit.

Dia berkata jika duduk di kursi belakang bisa membuat mabuk darat lebih buruk begitu pula membaca atau memainkan video game. Juga bau-bauan yang kuat seperti bau rokok atau parfum yang kuat bisa membuat mereka lebih sakit.

Dr. Allan menyarankan supaya penderita mabuk darat duduk di depan atau di bagian tengah sehingga bisa melihat keluar jendela depan dan bukan jendela samping. Melihat ke jendela depan bisa mengurangi mabuk darat.

“Jangan sampai dehidrasi, jangan merokok, miliki ventilasi yang baik akan menolong, jika kendaraan terlalu sesak atau panas Anda akan merasa lebih buruk, jadi pastikan Anda memiliki air conditioning yang baik dan ventilasi yang baik,” katanya.

Dia menambahkan jika sopir yang mengalami mabuk darat, maka lebih baik mencari tempat yang tenang untuk menepi dan beristirahat.

Sumber: counton2.com

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge