0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Portugal Tembus ke Final Piala Eropa 2016

Cristiano Ronaldo (uefa.com)

Timlo.net — Di luar dugaan, Portugal justru berhasil melenggang ke partai final Piala Eropa 2016. Portugal mematahkan prediksi dengan berhasil menyingkirkan Wales 2-0 pada semifinal di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Kamis (7/7) dinihari.

Ini adalah kemenangan pertama Portugal dalam sebuah permainan selama 90 menit. Di empat laga sebelumnya, anak asuh Fernando Santos ini selalu bermain draw dan dibantu kemenangan adu penalti. Portugal sempat menang atas Kroasia namun gol baru lahir di babak ekstra time.

Portugal tampil relatif dominan setelah 15 menit pertandingan berjalan. Dimotori Cristiano Ronalo, Portugal lebih impresif dalam melancarkan serangan. Joao Mario memiliki sebuah peluang berbahaya namun tendangannya masih melebar tipis.

Wales mulai panas dalam membalas serangan. Tendangan first time Gareth Bale masih melambung di atas mistar gawang Portugal. Empat menit berselang, Bale kembali mendapatkan peluang. Namun tendangannya terlalu lemah dan tepat ke arah kiper Rui Patricio.

Portugal akhirnya bisa mencetak gol di menit 50. Sepak pojok dari sisi kanan pertahanan Wales dieksekusi dengan singkat. Bola diberikan kepada Raphael Guerreiro. Tanpa buang waktu, Guerreiro langsung mengirimkan crossing ke kotak penalti.

Tidak lama setelahnya, di menit ke-53, Nani menggandakan keunggulan Portugal menjadi 2-0. Ronaldo menjadi awal terciptanya gol. Tendangannya dari luar kotak penalti dibelokkan oleh Nani. Kiper Wales, Wayne Hennessey, pun tertipu oleh arah bola.

Portugal jadi makin agresif setelah mencetak dua gol tersebut. Sementara itu, pelatih Wales, Chris Coleman, memasukkan satu orang penyerang, yakni Sam Vokes, dan menarik keluar seorang gelandang, Joe Ledley. Ronaldo memiliki peluang lagi di menit 62. Tendangan bebas Ronaldo masih tipis mengenai tiang sebelum akhirnya melambung.

Pada menit ke-76, Bale melepaskan tendangan kaki kiri keras dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya bisa ditangkap oleh Rui Patricio. Tiga menit berselang, ia kembali melakukan hal serupa, tetapi lagi-lagi masih gagal karena ditepis Rui Patricio.

Ronaldo sempat mendapatkan peluang lagi ketika dia menerima bola dan berlari ke dalam kotak penalti Wales. Setelah menghindari Hennessey, Ronaldo melepaskan sepakan kaki kanan datar. Tetapi, tendangannya melebar. Pada akhirnya, tidak ada gol lagi yang tercipta, Portugal pun lolos ke final. Portugal pun akan melawan pemenang antara Jerman kontra Prancis yang baru bermain Jumat (8/6) dinihari nanti.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge