0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Andum Ketupat Ramaikan Waduk Gajah Mungkur

dok.timlo.net/red
Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (dok.timlo.net/red)

Wonogiri – Setelah hampir empat tahun ditiadakan, bakda ketupat atau kerap disebut dengan ritual andum ketupat bakal digelar di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM). Ritual andum ketupat sendiri merupakan prosesi budaya tahunan selepas perayaan Idul Fitri.

Ritual ini sarat akan makna religi. Selain memperat tali silaturahmi, andum ketupat juga merupakan perwujudan syukur atas nikmat dan rejeki terhadap sang pencipta.

“Atas saran bupati, acara bakda ketupat atau ritual andum ketupat akan kembali kita gelar pada 17 Juli mendatang,” ungkap Kepala UPT Obyek Wisata WGM, Pardiyanto,Selasa,(7/7).

Adapun lokasi gelaran ritual andum ketupat nantinya akan dilaksanakan di lapangan WGM. Pengelola dan para pedagang kaki lima yang ada dikompleks WGM bahu membahu menyambut pesta tahunan ini.

Ribuan ketupat bakal disediakan oleh panitia. Ketupat disajikan langsung dengan menu pelengkap lainnya diatas meja panjang, sehingga pengunjung tinggal menyantap saja.

“Kita bekerjasama dengan para pedagang, dengan menyiapkan sekitar 5.000 ketupat dengan ukuran berbagai jenis,” jelasnya.

Takhanya itu saja, ada puluhan ketupat yang khusus yang berisi kupon undian disebar oleh panitia. Ketupat yang masih terbungkus daun kelapa muda itu nanti akan disebar dari atas panggung yang terletak di sisi utara lapangan di tengah-tengah pengunjung.

“Nanti didalam ketupat itu akan kita isi kupon undian. Jadi siapa yang beruntung bisa mendapat hadiah,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge