0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Adu Kreativitas, Ribuan Remaja Masjid Semarakkan Takbir Keliling

Lomba Takbir Keliling di lapangan Kalibajing, Kecamatan Jogonalan, Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Ribuan orang dari berbagai masjid di wilayah Kecamatan Wedi dan sekitarnya memadati Lapangan Kalibajing, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan, Selasa (5/7) malam. Mereka datang untuk menyemarakkan pawai takbir keliling menyambut Hari Raya Idul fitri 1437 Hijriah.

“Ada 41 kelompok remaja masjid dari Kecamatan Wedi, Jogonalan, Klaten Selatan, dan sekitarnya. Ini pawai rutin tahunan sebagai syiar agama Islam sekaligus melatih kreativitas anak-anak,” kata Ketua Panitia Ramadahan Angkatan Muda Muhammadiyah Kecamatan Wedi, Anang Widiyanto, Selasa (5/7).

Dengan mengambil start dari Lapangan Kalibajing, mereka akan menggemakan takbir dengan berjalan kaki sejauh 5 Kilometer dan berakhir di depan Pabrik Tembakau PTPN IX Wedi.

Tidak hanya adu suara, para peserta takbir yang satu grup minimal berisi 12 anak ini akan beradu kebolehan secara tampilan busana hingga maskot yang ditampilkan. Diantaranya terlihat miniatur Kabbah, hewan unta, kereta mini, masjid, kapal, hingga tank.

Disinggung soal surat edaran (SE) dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) yang meminta warga tak menggelar takbir keliling di jalanan tapi digelar di masjid dan musala, Anang mengatakan, hal itu merupakan himbauan.

“Itu kan himbauan. Kita selama ini menggelar kegiatan (takbiran) bertahun-tahun selalu menjaga keamanan, enggak pernah ada masalah, dan alhamdulillah selalu lancar. Kalau macet hal biasa, ini kan lebaran. Tapi kita berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar, aman, dan semua selamat,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge