0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bom Bunuh Diri di Madinah 4 Tewas, 5 Terluka

Masjid Nabawi yang terletak di Madinah, Arab Saudi (dok.timlo.net/Istimewa)

Timlo.net—Seorang pelaku bom bunuh diri membunuh empat petugas keamanan dan melukai lima orang lainnya di dekat situs paling suci di kota Madinah, terang kementerian dalam negeri Arab Saudi.

Sang pelaku meledakkan bomnya setelah dicegat di luar Masjid Nabawi, masjid sang nabi. Masjid itu merupakan tempat penguburan Nabi Muhammad dan tempat paling suci kedua di Madinah setelah Mekah.

Ledakan bom juga terjadi di dua kota lain di Arab Saudi, Senin (4/7/2016) waktu setempat. Serangan yang terjadi di Madinah ini membuat umat Muslim di seluruh dunia terkejut. Menurut editor BBC World Service’s Middle East Alan Johnston, kecurigaan mengarah kepada ISIS sebagai dalangnya.

Al-Arabiya memberikan keterangan berbeda terkait kejadian itu, berkata jika pelaku bom mentarget para petugas keamanan dengan berpura-pura ingin berbuka puasa dengan mereka.

Qari Ziyaad Patel, 36, dari Afrika Selatan yang berada di mesjid itu berkata jika masyarakat di sekitar berpikir jika suara bom itu adalah suara ledakan petasan yang menandai waktu buka puasa.

“Tanah bergetar. Getarannya sangat kuat. Kedengarannya seperti sebuah bangunan meledak,” katanya.

Sebelumnya, sebuah ledakan mengguncang Qatif, sebuah kota di bagian timur yang penduduknya mayoritas Muslim Shia. Ledakan itu rupanya mentarget masjid Shia. Sang pelaku terbunuh tapi tidak ada kerusakan lain yang dilaporkan.

Seorang pelaku bom bunuh diri lain juga mati setelah meledakkan diri di dekat kedutaan Amerika Serikat di Kota Jeddah. Belum ada satu pun pihak yang mengaku sebagai dalang di balik ketiga serangan ini.

Ketiga serangan ini terjadi di bulan Ramadan menjelang hari raya Idul Fitri. Arab Saudi sendiri sudah menjadi target serangan ISIS selama dua tahun terakhir ini. Juni 2016, kementerian dalam negeri berkata jika negara itu sudah 26 kali mengalami serangan teror.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge