0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dekati Lebaran, Harga Sembako Melonjak Tajam

dok.timlo.net/setyo pujis
Pedagang cabai di Pasar Legi Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok (Sembako) melonjak tajam jelang Lebaran. Tingginya harga tersebut dipicu karena jumlah permintaan tidak sebanding dengan pasokan barang yang diterima oleh pedagang.

“Kenaikan harga cabai sudah terjadi sejak tiga hari terakhir, alasanya karena pasokannya berkurang sementara permintaan cukup tinggi,” ujar salah satu pedagang cabai di Pasar Legi solo, Nanik kepada wartawan, Senin (4/7).

Dikatakan dia, untuk jenis harga cabai merah besar sebelumnya Rp 18 ribu per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram, rawit hijau dari sebelumnya Rp 13 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 20 ribu per kilogram, rawit merah dari sebelumnya Rp 23 ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

“Karena tingginya harga itu tidak sedikit para pelanggan yang protes,” jelasnya.

Hal sama juga terjadi pada komoditas lainnya. Salah satu pedagang daging sapi, Pujiani menyampaikan, karena tingginya permintaan saat jelang lebaran, harga daging sapi sekarang juga melonjak tajam. Yaitu dari Rp 110 ribu – Rp 120 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp 140 ribu – Rp 150 ribu per kilogram.

“Permintaan daging sekarang ini cukup tinggi. Jika sebelumnya hanya menghabiskan satu ekor sapi, sekarang bisa tiga ekor sapi dalam sehari,” ungkapnya.

Pembukaan kran impor daging sapi oleh pemerintah, menurutnya tidak berdampak kepada penurunan harga jual daging sapi lokal. Pasalnya kualitasnya dagingnya berbeda, dan masyarakat cenderung menyukai daging sapi lokal yang dianggap lebih segar.

Sementara itu dari pantauan lainnya, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas daging ayam ras. Yaitu dari sebelumnya Rp 32 ribu per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 36 ribu per kilogram. Bawang merah dari sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram, dan kentang dari sebelumnya Rp 13 ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 15 ribu per kilogram.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge