0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

121 Napi Lapas Klaten Terima Remisi, Dua Langsung Bebas

timlo.net/aditya wijaya
Lapas IIB Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Ratusan penghuni  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Klaten bakal menerima pengurangan masa tahanan alias remisi dari Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Rencananya, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendapat remisi akan diumumkan usai Salat Idul Fitri nanti.

“Ada 121 warga binaan yang mendapatkan Remisi Khusus (RK) saat Lebaran. Sedangkan enam warga binaan lainnya masih diusulkan,” kata Kasi Pembinaan Anak Didik dan Kegiatan Kerja Lapas Klaten, Eko Bekti Susanto, Senin (4/7).

Mewakili Kepala Lapas Kelas IIB Klaten, Budi Priyanto, kata dia, dari jumlah 121 itu, 119 WBP menerima RK 1 atau masa tahanan berkurang. Sedangkan dua WBP dapat langsung menghirup udara bebas alias RK 2.

Selain seorang muslim karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, penerima remisi wajib   memenuhi syarat administratif maupun subtantif. Maksud syarat subtantif yakni harus berkelakuan baik dan tidak melanggar peraturan yang berlaku selama menjalani masa hukuman.

“Pemberian remisi khusus ini tidak melihat kasus yang mereka lakukan, tapi bagi yang memenuhi syarat. Ada seorang penghuni lapas yang akhirnya kita batalkan remisinya saat hendak  diusulkan. Sebab dia melanggar peraturan dengan membawa handphone. Hal itu merupakan pelanggaran berat,” tandas Eko.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge