0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Arus Mudik Lebaran

Mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah Diterjunkan di Rest Area

dok.timlo.net/tyo eka
Mahasiswa STIKES PKU Muhamamdiyah Solo ikut jaga di rest area (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhamadiyah Surakarta menerjunkan tim kesehatan selama masa Lebaran di lokasi Rest Area Lebaran. Penerjunan mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

“Mereka yang diterjunkan sebagian adalah mahasiswa,” ujar Ketua STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta Wenny Hastuti, kepada wartawan di kampus setempat, Senin (4/6).

Wenny mengatakan, pihaknya bersama lembaga lainnya seperti Palang Merah Indonesia PMI Cabang Surakarta , Lembaga Penanggulangan Bencana  LPB Pengurus Daerah Muhamadiyah PDM  Surakarta dan LazisMu, rutin setiap tahun pada H-7 hingga H+7 lebaran selalu menerjunkan mahasiswa, khususnya mahasiswa semester terakhir atau dari KSR.

Dipilihnya mahasiswa KSR untuk membantu tenaga kesehatan dalam  di sejumlah titik rest area Lebaran, menurut Wenny, karena mereka telah terlatih untuk menangani kegawatdaruratan.

“Meski dalam masa liburan kuliah, tetapi  mahasiswa cukup semangat terlibat dalam kegiatan kemanusiaan. Baginya sebagai sebuah penghargaan , di terminal, di stasiun, di titik rawan kecelakaan, titik-titik rawan macet,” ujarnya.

Menurutnya, keterlibatan mahasiswa dalam aktivitas sosial seperti dalam masa lebaran saat ini  sebagai salah satu upaya pembentukan softskill. Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang terjun terlibat pada aksi sosial , diantaranya mahasiswa akan mendapatkan nilai tambah saat pemilihan mahasiswa berprestasi.

Menurut Wenny, jumlah mahasiswa yang diterjunkan disesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal. Dalam 24 jam terbagi tiga shift.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge