0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terminal Tirtonadi Siap Diambil Alih Pemerintah Pusat

dok.timlo.net
Terminal Tirtonadi sisi barat (dok.timlo.net)

Solo — Pemkot Solo telah merampungkan berkas pengambilalihan atau take over aset Terminal Tirtonadi di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Padahal, batas waktu yang ditentukan terkait alih pengelolaan terminal tipe A tersebut masih sampai akhir tahun ini.

“Kami sudah rampungkan, kalau mau diambil alih sekarang kami sudah siap,” terang Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Senin (4/7).

Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, mengungkapkan, meski merasa keberatan dengan keinginan pemerintah pusat mengambil alih Terminal Tirtonadi tersebut namun pihaknya harus mentaati aturan yang berlaku. Selama ini, Pemkot Solo telah berupaya keras dalam membesarkan terminal. Namun, pada akhirnya harus tetap diserahkan.

“Ya mau bagaimana lagi, wong aturannya seperti itu. Kalau kecewa ya pasti. Tapi, namanya aturan kan mau gak mau harus dilaksanakan,” kata Rudi.

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Kota Solo Yosca Herman Sudrajat mengungkapkan, dengan ambil alih penggunaan Terminal Tirtonadi Pemkot Solo terancam kehilangan pendapatan senilai Rp 5,5 miliar. Meski begitu, Pemkot telah mengajukan permohonan untuk mengelola sisi komersial yang ada di dalam kawasan Terminal Tirtonadi.

“Kalau asetnya, akan menjadi milik pusat (Kemenhub) tapi, Pemkot diperkenankan untuk mengelola sisi bisnis di terminal, seperti sewa toko, parkir, retribusi bus maupun penumpang ataupun lainnya,” katanya

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge