0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Ribu Kendaraan Pemudik Masuk Solo

timlo.net/achmad khalik
Kawasan Jalan Adi Sucipto Solo mulai mengalami kemacetan jelang pergantian tahun (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Arus mudik yang memasuki Kota Solo pada H-3 Lebaran, Minggu (3/7) mulai menurun. Berdasarkan data yang dirilis Dishubkominfo Solo, Senin (4/7), jumlah kendaraan yang masuk pada H-3 tercatat sebanyak 287.986 unit. Sebelumnya, pada H-4 kendaraan mencapai 302.960 unit.

“Puncak arus mudik, seperti yang kami perkirakan, terjadi pada hari Sabtu kemarin,” kata Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Ari Wibowo, ketika ditemui di CC-Room Dishubkominfo Solo, Senin (4/7).

Kendaraan paling banyak melalui Jalan Adi Sucipto mencapai 64.976 unit. Hal itu disebabkan karena jalan tersebut dilalui kendaraan yang masuk lewat Tugu Makuto dan sebagaian kendaraan dari Simpang Kleco via Pertigaan Faroka.

Di simpang Kleco sendiri, kendaraan yang masuk mencapai 54.602 unit. Sebagian menujuu Jalan Adi Sucipto, sementara sebagian lainnya meneruskan ke timur lewat Jalan Slamet Riyadi.

Secara keseluruhan, jumlah kendaraan yang masuk Solo sejak H-7 hiingga H-3 mencapai 2.573.468 unit. Jumlah tersebut meningkat 30 ribu unit atau 1,18 persen dibanding tahun lalu yaitu 2.543.452.

“Mulai kemarin (Minggu) jumlah kendaraan yang masuk Solo sudah menurun. Hari ini kami perkirakan akan menurun lagi,” kata Ari.

Sebelumnya, Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Sudrajat memperkirakan arus mudik tahun ini akan meningkat 10 persen dibanding tahun lalu. Namun di sisi lain, ruas tol Solo – Sragen juga dibuka sementara sebagai jalur alternatif. Pembukaan tol tersebut diharapkan dapat mengurangi beban arus dalam Kota Solo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge