0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nyari E-KTP, Pemudik Serbu Dukcapil

timlo.net/aditya wijaya
Pencari e-KTP di Kantor Disdukcapil Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Puluhan pemohon kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) menggruduk kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Klaten, Senin (4/7). Meski libur cuti bersama, Dukcapil tetap membuka pelayanan khusus selama libur Lebaran.

“Tidak ada instruksi, tapi sudah jadi kebiasaan teman-teman Dukcapil memanfaatkan cuti bersama untuk melayani. Jadi kita tetap buka pada 4, 5, 8 Juli atau Senin, Selasa, dan Jumat,” kata Kepala Dukcapil Klaten, Widya Sutrisna, Senin (4/7).

Pihaknya akan melakukan penjadwalan petugas piket selama libur cuti Lebaran tersebut. Tujuannya untuk mengantisipasi pemudik dari luar daerah yang hendak mengurus dokumen kependudukan.

“Kami siapkan sekitar 900 keping agar pemudik yang mengurus dokumen kependudukan tidak kecewa. Ini saja sudah ada 88 pemohon yang melakukan perekaman e-KTP,” ujar Widya.

Salah seorang pemudik asal Bekasi, Agus Muryadi (27) warga Desa Muruh, Gantiwarno mengatakan, datang ke Dukcapil untuk mengurus e-KTP baru. Pasalnya, sejumlah dokumen identitas dirinya, mulai dari e-KTP hingga SIM yang ada di dompet hilang di jalan.

Sedangkan, Miftahul Anam (27) warga Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, datang untuk mencabut data kartu keluarga (KK). Sebab ia bersama istri dan anaknya hendak pindah ke Kebumen.

“Kemarin mudik dari Cikarang. Tadi menyerahkan berkas mencabut KK, tapi dijanjikan pengambilannya pada 11 Juli,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge