0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seorang Petani Ditangkap Setelah Membakar Lahan

merdeka.com
ilustrasi kebakaran hutan (merdeka.com)

Timlo.net — Kepolisian Resort Kampar, menangkap Luparto Sinaga (42) seorang petani berdomisili di perumahan Kubang Mas desa kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Sebab, Luparto diduga melakukan pembakaran lahan untuk membersihkan lahan di lokasi tak jauh dari rumahnya, Sabtu (2/7) sekitar pukul 16.00 WIB.

“Lahan tersebut milik Dahyar, sedangkan pelaku yang melakukan pembersihan dengan cara membakar sehingga mengakibatkan dua hektar lahan terbakar dan menimbulkan kabut asap,” ujar Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK, Minggu (3/7).

Edy menjelaskan, terungkapnya peristiwa pembakaran lahan itu berawal pada Sabtu sore sekitar pukul 15.00 WIB, penjaga kolam di samping lokasi lahan yang terbakar bernama Bahri melihat kobaran api.

“Lalu Bahri menghubungi ketua Rukun Tetangga (RT) setempat yang bernama Eprizal, selanjutnya ketua RT menghubungi Babinkamtibmas desa Tertak Buluh Polsek Siak Hulu, David Gusmanto,l ucap Edy.

Laporan itupun ditanggapi, David bersama angota Babinsa Auzar dan ketua RT mendatangi lokasi kobaran api dan melaporkan kepada Kapolsek Siak Hulu Kompol P Zalukhu bersama Danramil Siak Hulu Kapten Inf Kasmir datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Petugas kepolisian dan TNI datang ke lokasi dengan membawa mobil Pemadam Kebakaran. Setelah sampai, pelaku yang masih di TKP ditangkap bersama barang bukti berupa parang jerigen dan pakaian bekas bakaran. Sedangkan petugas lain berusaha memadamkan api,” kata Edy.

Usai memadamkan lahan 2 hektar yang terbakar itu, petugas kemudian melakukan pemeriksaan terhadap tersangka. Kepada polisi, tersangka ini mengakui perbuatannya.

Pelaku langsung dibawa ke Polsek siak Hulu, sedangkan pemadam dan Tim Gabungan Polsek Siak Hulu dan Koramil, serta Damkar Kabupaten Kampar bersama sama melakukan pemadaman Api.

“Sekitar pukul 23.00 WIB, api berhasil di padamkan, dan Tadi Pagi Tim Gabungan Polsek dan koramil kembali lagi ke lokasi kebakaran untuk mematikan sisa api karena masih berasap hingga pukul 12.00 WIB, api dipastikan telah padam. Lahan yang terbakar sudah kita pasang police line,” tandas Edy.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge