0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lugas 80 Sahur Bareng Tukang Becak

foto: Rosyid
Lugas 80 bagi-bagi sahur dengan pengemudi becak (foto: Rosyid)

Solo – Lulusan SMP Negeri 3 Surakarta angkatan 1980 (Lugas 80) menggelar acara Sahur Bareng (Sabar) tukang becak di depan pintu Gerbang Balaikota, Minggu (3/7). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Lugas Kembali Fitri (LKF) yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

“Kali ini kami membagikan 120 paket untuk tukang becak,” kata ketua panitia LKF, Dwi Esti Nastiti di sela-sela acara.

Dalam satu paket terdapat nasi kotak, snack, sarung dan handuk. Lugas memilih kegiatan sahur bersama karena tidak sering diselenggarakan sebagaimana buka bersama. Sementara sahur merupakan ritual tak terpisahkan dari ibadah puasa.

“Kami memang sengaja memilih kegiatan sosial yang sebenarnya dibutuhkan masyarakat tapi belum banyak yang mengerjakan,” kata dia.

Ketua Lugas 80, Wisik Agung Widodo menyebutkan Lugas sejak awal berdiri rutin menyelenggarakan kegiatan sosial. Setidaknya dalam setahun ada dua kegiatan yang diselenggarakan. Bahkan terkadang setiap empat bulan sekali.

“Sasaran kita memang orang-orang yang membutuhkan. Kebetulan kali ini momennya pas bulan puasa jadi kita menyelenggarakan sahur bersama,” tuturnya.

Rencananya, kegiatan LKF akan dilanjutkan dengan memberikan santunan kepada anak yatim di daerah Mojolaban nanti sore. Selanjutnya pada tanggal 9 Juni, akan diselenggarakan Halal bi Halal di Dalem Cokrosukarnan sebagai acara puncak.

Sebelumnya, Lugas 80 pernah membagikan paket sembako untuk Supeltas, penjaga palang pintu kereta api,anak yatim, dan panti jompo. Selain memberi santunan untuk pihak eksternal, Lugas 80 juga secara rutin memberi bantuan untuk anggota maupun keluarga anggota yang membutuhkan bantuan.

“Misalnya ada keluarga anggota yang sakit atau memerlukan bantuan, kita siap saling membantu,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge