0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tarif Peron Tirtonadi Naik 100 Persen

Penumpang turun dari bus menuju hall tengah Terminal Tirtonadi, Sabtu (2/7) dini hari. (foto: Rosyid)

Solo – Tarif peron Terminal Tirtonadi naik dua kali lipat dari Rp 500 menjadi Rp 1.000 mulai Sabtu (2/7). Kenaikan tersebut sesuai dengan Perda Surakarta No 9 Tahun 2009 tentang Retribusi Daerah. Sosialisasi kenaikan tarif sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu.

“Mulai Pukul 00.00 WIB tadi sudah berlaku tarif baru,” kata Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto.

Kenaikan tersebut dirasa layak lantaran fasilitas terminal juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Biaya pemeliharaan dipastikan naik seiring dengan adanya peningkatan tersebut.

Di sisi lain, sumbangan Terminal Tirtonadi dari jasa ruang tunggu (peron) diprediksikan meningkat Rp 300 Miliar dibanding tahun lalu.

Sementara itu, penumpang juga tidak keberatan dengan tarif baru tersebut. Mereka menilai dengan fasilitas yang diberikan, tarif Rp 1.000 untuk peron sangat murah.

“Tarikannya ya cuma itu. Fasilitas lain sudah gratis semua,” kata Waginah, pemudik asal Jakarta yang akan menuju Wonogiri.

Fasilitas di Terminal Tirtonadi memang bisa dinikmati penumpang tanpa pungutan sama sekali. Toilet bisa digunakan tanpa harus membayar biaya kebersihan. Di berbagai sudut juga bisa ditemui stop kontak yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai handphone tanpa membayar.

“Apalagi di sini sudah pakai AC semua. Mbayar Rp 1000 ya murah sekali,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge