0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stok Darah PMI Kosong

Stok darah PMI Klaten (foto: Aditya)

Klaten – Imron (35) warga Dukuh Tegalrejo, Desa Sajen, Kecamatan Trucuk, bertepuk sebelah tangan saat mendatangi kantor PMI Klaten. Pasalnya, persediaan kantong darah di PMI Klaten kosong.

“Cari golongan darah O untuk transfusi darah anak saya. Tapi stoknya (darah) kosong,” ujar Imron, Sabtu (2/7).

Diceritakan, putranya yang berusia delapan tahun saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (RS IPHI) Kecamatan Pedan lantaran Thalasemia. Sebab, tiap dua bulan sekali putranya harus transfusi darah.

Sekitar pukul 14.00 WIB, Imron mendatangi kantor PMI Klaten. Sama seperti persediaan darah di RS IPHI Pedan, stok darah PMI Klaten juga mengalami kekosongan. Tak ingin berpangku tangan, ia mencari relawan untuk mendonorkan darah.

“Tadi disuruh nyari ke Solo. Karena jauh, saya nyari teman relawan. Untung ada dua relawan yang bantu donor darahnya,” cerita dia.

Sementara, petugas Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Klaten, Saiman mengaku, persediaan kantong darah di kantor yang terletak di Jalan Veteran, No. 80, Kecamatan Klaten Utara itu kosong sejak dua hari lalu, Kamis (30/6). Kejadian seperti ini sering terjadi setiap menjelang Lebaran. Ia berharap ada relawan yang menyelenggarakan kegiatan donor darah.

“Mohon maaf, karena kosong terpaksa membawa pendonor sendiri. Tapi nanti setelah buka puasa kita ambil kegiatan donor darah di Kecamatan Prambanan. Besok paginya, ambil lagi di Gereja Kristen Cawas,” ujar dia mewakili Kepala PMI Klaten, Purwanto Anggono Cipto.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge