0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sidak Daging, Petugas Temukan Cacing Hati

Tim sidak daging temukan cacing hati sapi di kartasura (foto: Putra)

Sukoharjo – Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama tim gabungan menggelar sidak daging sapi di kawasan Pasar Kartasura Sabtu (2/7). Hasilnya, ditemukan di salah satu lapak pedagang, terdapat cacing hidup di dalam hati sapi yang dijual.

“Biasanya cacing pada hati sapi timbul karena pemeliharaan yang kurang baik, semestinya setiap tiga bulan sekali diberi vaksin atau obat cacing, tapi ini tidak. Kita minta agar tidak dijual dan dikembalikan ke rumah potong hewan,” kata salah satu anggota tim, Drh Ngatmini, Sabtu (2/7).

Namun demikian, cacing pada hati sapi ini tidak terlalu bahaya bagi kesehatan manusia. Pasalnya, cacing hati akan mati jika dimasak dengan benar atau dimasukkan ke dalam air mendidih, dan dikonsumsi dalam keadaan sudah benar-benar matang.

Sidak kali ini menyasar di sejumlah lapak dan kios daging yang banyak tersebar di Kecamatan Kartasura dengan melibatkan Dinas Pertanian, dengan sasaran daging tidak layak konsumsi. Hal ini dilakukan untuk melindungi konsumen menjelang lebaran dari barang-barang yang tidak layak konsumsi.

“Sasaran kita daging yang tidak layak konsumsi, seperti daging glonggongan, namun dari hasil pemeriksaan tidak ada. Hanya saja masih banyak pedagang yang menggunakan kain untuk alas, bahkan ada yang ditempatkan di lantai,” tandasnya.

Padahal setiap kali melakukan sidak dan kegatan lainnya, pedagang daging khususnya selalu disosialisasi tentang kebersihan tempat berjualan. Karena daging sangat rawan pembusukan namun sudah menjadi makanan pokok bagi manusia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge