0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Piala Eropa

Wales Hancurkan Generasi Emas Belgia

Timnas Wales lolos ke semifinal Piala Eropa 2016 (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net — Generasi emas Timnas Belgia ternyata tak ada apa-apanya bagi Wales. The Dragons (julukan Wales), menyingkirkan Belgia di babak perempatfinal Piala Eropa 2016. Wales menang 3-1 atas Belgia di Stade Pierre-Mauroy, Lille, Sabtu (2/7) dinihari.

Belgia turun nyaris dengan kekuatan penuh. Deretan pemain generasi emas Belgia dimainkan pelatih Marc Wilmots. Hanya saja, lini belakang keropos ditinggal Thomas Vermaelen dan Jan Verthongen. Namun gempuran Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Axel Witsel, Hingga Romelu Lukaku dilakukan sejak awal laga.

Romelu Lukaku melepas crossing dari kiri di menit ke-6, Eden Hazard melanjutkan dengan tendangan di tiang jauh masih terkena tembok pertahanan Wales. Sementara Wales mengandalkan serangan balik lewat Gareth Bale, Aaron Ramsey, dan Robson-Kanu.

Namun publik Belgia unggul lebih dahulu saat laga berjalan 13 menit. Gelandang Radja Nainggolan melepas tendangan dari jarak 30 meter. Bola menghujam ke pojok kiri gawang Hannessey. 1-0 untuk Belgia. Kiper Belgia Thibaut Courtois memnbuat penyelamatan krusial di menit ke-26 dengan memblok tendangan Neil Taylor yang berada tepat di depan gawangnya.

Dengan sabar, Wales berhasil membuat skor sama 1-1 pada menit 31. Sepak pojok Ramsey, diteruskan lewat tandukan kapten Ashley Williams. Bola meluncur tanpa bisa dihalau De Bruyne. Kiper Thibaut Courtois hanya terperangah melihat bola masuk ke gawang. Tekanan Wales berlanjut lewat tendangan Ramsey di menit ke-43 yang membentur pemain Belgia.

Belgia meningkatkan serangan di awal paruh kedua. Dua menit memasuki babak kedua, sebuah umpan silang mengarah ke kotak penalti Wales. Lukaku di tiang jauh menanduk, meski arah bola masih tipis melebar dari sasaran. Tendangan Kevin De Bruyne juga masih sedikit melambung ke atas mistar gawang Wales di menit ke-50.

Wales justru berbalik unggul atas Belgia ketika laga memasuki menit ke-55. Robson-Kanu menerima operan Ramsey di kotak penalti dan menahan bola dengan cerdik. Tanpa ampun bola disontek dengan kaki kirinya dan menaklukkan Courtois. 2-1 untuk keunggulan Wales. Sebuah peluang di menit ke-74 buat Belgia. Sundulan Marouane Fellaini melebar tipis dari target.

Di tengah-tengah gencarnya tekanan dari Belgia, Wales lagi-lagi menggebrak. Di menit ke-86 sebuah umpan silang Chris Gunter dari kanan mengarah ke depan gawang untuk diteruskan Sam Vokes. Si pemain pengganti mengubah skor jadi 3-1 buat Wales hingga laga usai. Hasil ini membuat Wales melaju ke semifinal dan menantang Portugal.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge