0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pekan Terakhir, Realisasi Penukaran Uang Tembus Rp 3 T

timlo.net/setyo pujis
Petugas BI saat melayani penukaran uang dari masyarakat (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Jumlah realisasi penukaran uang pecahan kecil (UPK), yang berhasil disalurkan oleh Bank Indonesia sampai dengan Sabtu (1/7) mencapai Rp 3 Triliun. Untuk mengakomodir tingginya kebutuhan masyarakat, layanan penukaran uang diperpanjang hingga 4 Juli mendatang.

“Dari alokasi yang kita sediakan Rp 4,5 Triliun, saat ini yang sudah terealisasi Rp 3 Triliun. Dari total yang sudah tersalurkan tersebut, mayoritas yang dicari masyarakat adalah pecahan Rp 10 Ribu dan Rp 5 Ribu,” ujar Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan.

Dikatakannya, untuk pecahan Rp 10 Ribu sudah terealisasi sekitar 80 persen dari target, sedangkan pecahan Rp 5 Ribu sudah terealisasi 75-80 persen dari target. Karena masih tingginya kebutuhan masyarakat untuk menukarkan uang pecahan kecil, BI juga memperpanjang layanan, dengan membuat kas keliling.

“Selain untuk memfasilitasi masyarakat, dengan adanya kas keliling itu juga untuk meminimalisir jasa penukaran uang di pinggir jalan. Lokasi yang akan kita sasar adalah tempat-tempat yang selama ini ramai dengan jasa penukaran uang dipinggir jalan,” jelasnya.

Bandoe juga menyampaikan, jika saat ini BI sudah berkoordinasi dengan pemerintah kota (Pemkot) Solo untuk menertibkan jasa penukaran uang di pinggir jalan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge