0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran, Candi Prambanan Targetkan 300 Ribu Wisatawan

Candi Prambanan (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Menyambut datangnya libur Lebaran, pengelola Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan membidik ratusan ribu wisatawan. Pasalnya, sebagai ikon wisata Indonesia, TWC ┬ásalah satu magnet destinasi wisata bagi pemudik.

“Kami targerkan ada kenaikan 10-15 persen dibanding libur Lebaran tahun lalu atau sekitar 300 ribu wisatawan,” kata Direktur Operasi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Retno Hadiasiswi, Jumat (1/7).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan,mulai dari tambahan hiburan hingga pengamanan. Terkait pengamanan, TWC sudah berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri untuk membantu kenyamanan. Selain itu, harga tiket juga tidak mengalami kenaikan.

“Biar enggak hanya menikmati candi, nanti juga ada atraksi kesenian maupun permainan tradisional untuk meningkatkan animo pengunjung. Kami optimis target 300 ribu pengunjung terpenuhi,” kata Retno.

Terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Klaten AKP Kemas Indra Natanegara mengungkapkan, salah satu titik kemacetan yang perlu diwaspadai adalah persimpangan TWC Prambanan. Selain sebagai jalur utama Jalan Yogya-Solo, jalur tersebut merupakan jalan masuk ke TWC Prambanan.

“Biasanya ramai pada H+ (usai Lebaran). Maka kita lakukan rekayasa lalu lintas. Kendaraan yang keluar dari Taman Wisata Candi Prambanan diarahkan melalui jalur alternatif agar tidak menumpuk di persimpangan Prambanan,” ungkap AKP Kemas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge