0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jonan Anggap Banyak Pegawai Kemenhub Gaptek

Ignasius Jonan (merdeka.com)

Timlo.net – Banyak pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang dinilai gagap teknologi. Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyatakan hal itu yang akan menjadi tantangan paling besar penerapan sistem Vessel Traffic Service (VTS), atau pemantauan alur pelayaran.

“Saya minta semua distrik navigasi kelas 1 yang dimiliki negara harus memodernisasi VTS. Di sini, tantangan paling besarnya bukan di urusan mensosialisasikan penggunaan VTS itu kepada user, tetapi karena banyaknya pimpinan di direktorat jenderal perhubungan laut yang gagap teknologi,” kata Jonan di Makassar, Jumat (1/7).

Jonan berharap para direktur dan kepala dinas navigasi tidak gagap teknologi. Namun, dia mengakui hambatan itu terjadi karena faktor usia.

“Tapi saya tidak Gaptek. Paling kurang semangatnya tidak Gaptek,” ujar Jonan.

Jonan hari ini meresmikan kantor Vessel Traffic Service (VTS) ke 21, di Makassar. Lokasinya tepat di belakang kantor PT Pelindo IV, Pelabuhan Soekarno Hatta.

Pembangunan fasilitas ini dimulai pada 2011 lalu dengan anggaran Rp 3,97 miliar, dengan luas bangunan 25 x 13 meter, tinggi gedung 45 meter. Dilengkapi ruang operator 10 x 10 meter. Pengoperasiannya sudah dimulai sejak 2013 lalu.

“VTS menyediakan bantuan kepada industri pelayaran dalam perairan yang sibuk dan mempunyai tingkat resiko yang tinggi,” ujar Dirjen Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge