0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Piala Eropa

Singkirkan Polandia via Adu Penalti, Portugal ke Semifinal

Portugal lolos semifinal Piala Eropa (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net — Dewi Fortuna tampaknya belum mau pergi dari Timnas Portugal. Anak asuh Fernando Santos ini menggenggam tiket semifinal Pial Eropa 2016, usai menyingkirkan Polandia lewat adu penalti 5-3 (1-1) di Stade Velodrome Marseille, Jumat (1/7) dinihari.

Di waktu normal, Polandia langsung menggebrak dan mencatatkan gol cepat ketika laga baru berumur kurang dari dua menit. Sebuah kerjasama apik, Kamil Grosicki mengirim umpan ke tengah kotak penalti. Robert Lewandowsi yang dalam posisi tepat, menyambutnya dengan tendangan ke pojok kiri gawang Portugal.

Seluruh pendukung Polandia pun larut merayakan gol perdana Lewandowski di ajang Piala Eropa kali ini, dan gol tercepat kedua sepanjang sejarah Piala Eropa. Meski unggul satu gol, Polandia justru sedikit menurunkan intensitas serangannya. Hal ini dimanfaatkan Portugal untuk mengurung pertahanan Polandia.

Cristiano Ronaldo mendapat penjagaan ekstra dari pertahanan Polandia yang dikomando Kamil Glik. Portugal mengandalkan pergerakan Renato Sanches dan Luis Nani untuk membongkar pertahanan. Ronaldo mengancam di menit 10, namun masih belum tepat sasaran.

Portugal akhirnya berhasil menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 33. Renato Sanches dengan brilian menjebol gawang Polandia. Meneruskan umpan Nani dengan tumit, dia bisa mengecoh pemain belakang Polandia, Sanches melepaskan sepakan kaki kiri. Bolanya sempat membentur Grzegorz Krychowiak, hingga gagal dijangkau oleh Fabianski.

Kedua tim berupaya kembali mencetak gol di awal babak kedua. Portugal memiliki kans lewat upaya Ronaldo di menit 56, tapi bolanya juga masih melebar. Sementara Arkadiusz Milik juga melakukan upaya untuk mencetak gol di menit 69, tapi usahanya itu diselamatkan oleh Patricio.

Ronaldo melewatkan peluang emas untuk mencetak gol di menit 85. Sudah melepaskan diri dari jebakan offside saat menerima umpan daerah Joao Moutinho, dia gagal menendang bola dari jarak dekat. Di sisa pertandingan tak ada gol tercipta, pertandingan antara Portugal melawan Polandia pun harus berlanjut hingga babak tambahan waktu 2 x 15 menit.

Nani mencatatkan peluang pertama di babak tambahan waktu di menit 98. Sialnya, sepakannya masih melenceng. Sama halnya yang dilakukan Milik semenit kemudian, bola tendangannya dari luar kotak penalti masih melambung. Di sisa babak pertama tambahan waktu masih belum ada gol tercipta, skor masih sama kuat 1-1.

Bartosz Kapustka gagal memanfaatkan peluang terbuka di menit-menit akhir babak kedua tambahan waktu sepakannya masih bisa diblok barisan belakang Portugal di sisa pertandingan tak ada gol tercipta, laga harus diselesaikan hingga adu tendangan penalti.

Ronaldo menjadi penendang pertama Portugal, dia sukses menaklukkan Fabianski. Lewandowski langsung membalasnya dengan eksekusi yang mengecoh Patricio. Renato menunaikan tugasnya dengan sempurna sebagai penendang kedua, bola sepakannya ke arah pojok kiri atas gawang. Milik juga sukses mengirim bola masuk ke gawang. Skor sama kuat 2-2.

Moutinho sukses mengecoh Fabianski, Portugal unggul 3-2. Kamil Glik sukses menaklukkan Patricio, kedudukan kembali sama kuat 3-3. Nani sukses menjadi algojo, pengarahan bolanya ke sisi kiri gawang Polandia mengecoh Fabianski.

Jakub Blaszczykowski gagal menjalankan eksekusi keempat Polandia. Bola kaki kananya ditepis oleh Rui Patricio. Ricardo Quaresma memastikan Portugal lolos ke babak semifinal usai menaklukkan Fabianski. Portugal menang dengan skor akhir 5-3 di babak adu tendangan penalti. Portugal pun menanti pemenang antara Wales kontra Belgia yang baru akan bermain dinihari nanti.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge