0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perempatfinal Piala Eropa

Wales Vs Belgia, Pembuktian Tim Kuda Hitam

Timnas Belgia lolos ke perempatfinal Piala Eropa (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net — Salah satu laga perempatfinal Piala Eropa menarik antara Wales berduel dengan Belgia di Stade Pierre Mauroy pada hari Sabtu (2/7) dinihari nanti. Wales yang menyandang tim debutan di Piala Eropa, akan menguji kekuatan Belgia yang disebut-sebut sedang dianugerahi generasi emas.

Wales dan Belgia memiliki label kuda hitam di pentas Piala Eropa kali ini. Wales yang baru pertama ini mengikuti Piala Eropa, ternyata tampil konsisten meski sempat kalah dari Inggris di babak penyisihan grup. The Dragons juga sedikit dinaungi keberuntungan ketika lolos ke perempatfinal, berkat gol bunuh diri pemain Irlandia Utara.

Pada nanti sosok Gareth Bale memang menjadi tumpuan utama Wales oleh pelatih, Chris Coleman. Performa impresif Wales sejauh ini tak bisa dilepaskan dari penampilan apik pemain termahal dunia tersebut. Terbukti 3 gol telah disumbangkan oleh gelandang serang Real Madrid ini.

Chris Coleman tidak punya masalah dengan gangguan pemain cedera. Kapten mereka, Ashley Williams yang sebelumnya menderita cedera dikabarkan sudah mulai kembali berlatih dan kemungkinan sudah cukup fit untuk bermain pada laga ini. Coleman sendiri diperkirakan tidak akan mengubah strategi, yakni dengan skema 3-5-1-1.

Samuel Vokes akan turun sebagai striker tunggal pada laga ini dibantu oleh Gareth Bale yang berperan sebagai striker bayangan. Neil Taylor dan Chris Gunter akan berperan sebagai Wingback pada laga ini, sedangkan Aaron Ramsey, Joe Ledley dan Joe Allen akan menjadi pengatur tempo permainan The Dragons.

Di kubu Belgia, anak asuh Marc Wilmots ini langsung mengamuk setelah kalah dari Italia pada pertandingan pertama fase grup. Kekalahan dari Italia kala itu menjadi cambuk hingga membuat Belgia langsung menang tiga kali beruntun, termasuk membantai Hongaria 4-0 di perdelapanfinal.

Hanya saja menghadapi Wales nanti, Marc Wilmots cukup diganggu dengan absennya Thomas Vermaelen yang mendapat akumulasi kartu. Sementara Jan Verthongen yang cedera, kabarnya harus menyelesaikan Piala Eropa 2016 lebih cepat. Tak hanya itu, kapten tim sekaligus roh Belgia, Eden Hazard juga sempat dihantui cedera.

Dengan kondisi tersebut, Wilmots kemungkinan akan melakukan sejumlah pergantian pada timnya. Posisi Vermaelen kemungkinan besar akan digantikan Jason Denayer. Di lini serang, Romelu Lukaku sendiri dipercaya akan kembali ujung tombak The Red Devils sedangkan Kevin De Bruyne dan Dries Mertens akan membantunya dari posisi gelandang serang. Di lini tengah duet Radja Nainggolan dan Axel Witsel akan tetap berperan untuk mengatur serangan Belgia pada laga ini.

Pertemuan ini bisa dikatakan sebagai pertemuan lanjutan dari babak kualifikasi Euro 2016 ini. Di dua pertandingan kualifikasi tersebut, Belgia tidak mampu menang sekalipun atas Wales, di mana anak asuh Chris Coleman tersebut menahan imbang The Red Devils 0-0 dan menang 1-0 di pertemuan kedua. Oleh karenanya pertandingan ini akan berlangsung seru karena kedua tim sama-sama mengetahui kekuatan lawan dengan baik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge