0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi: Polri Harus Berantas Praktik Pungli dan Markus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Polri untuk terus berbenah dan melanjutkan reformasi di internal. Jokowi meminta aparat kepolisian yang responsif dan peka serta terus meningkatkan kualitas kinerja secara profesional.

“Reformasi Polri yang menyeluruh adalah kunci menghadapi masa depan. Reformasi harus menyeluruh untuk perubahan positif hulu-hilir, perubahan sistem kelembagaan. Perubahan perilaku yang profesional diharapkan lahir anggota Polri yang dipercaya masyarakat yang mampu memberikan pengayoman ke masyarakat,” kata Jokowi.

Amanat tertulis Presiden Jokowi itu dibacakan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dalam upacara HUT Bhayangkara ke-70 di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (1/7).

Jokowi juga meminta, dalam bidang pemeliharaan kamtibnas, Polri mampu mengedepankan deteksi dan antisipasi potensi kerawanan yang ada dengan melakukan langkah penanganan yang tepat agar tidak meresahkan masyarakat.

Terkait penegakan hukum, Jokowi menegaskan jaminan kepastian hukum terhadap segala upaya pemberantasan kejahatan. Polri juga diminta memanfaatkan perkembangan teknologi dalam bertugas.

“Karakter kejahatan makin canggih. Berantas praktik pungli, markus. Tingkatkan koordinasi dengan penegak hukum lainnya, jalin kedekatan dengan masyarakat. Perbaiki mutu pelayanan ke masyarakat, tidak berbelit, prosedur jelas, hindari aktivitas percaloan di seluruh pelayanan Polri, wujudkan pelayanan publik yang lebih responsif. Berikan perlindungan memadai ke anak perempuan, disabilitas, kelompok rentan. Beri perlindungan menyeluruh,” ujarnya.

“Saya berharap Polri mampu jadi perekat Kebhinnekaan, penjaga toleransi serta memperkuat persatuan Indonesia. Saya harap melalui tangan Polri, negara hadir di masyarakat memberikan rasa aman, membangun keharmonisan sosial, menjadi teladan kepatuhan ke hukum, dan tidak melakukan perbuatan menyimpang. Jadilah pelopor tertib sosial di ruang publik,” pungkas Jokowi. [bal

Sumber: merdeka.com

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge