0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sudah dapat THR dan Gaji ke-13, PNS Dilarang Terima Parsel

Inspektur Inspektorat Klaten, Syahruna (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Inspektorat menegaskan seluruh pejabat dan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten tidak diperbolehkan menerima parsel atau bingkisan Lebaran dalam bentuk apapun. Pasalnya hal tersebut merupakan bentuk gratifikasi yang bisa menjadi temuan tindak pidana korupsi.

“Enggak boleh terima. PNS dilarang keras. Itu sudah ada aturannya,” tegas Inspektur Inspektorat Klaten, Syahruna, Kamis (30/6).

Ditemui usai kegiatan Apel Operasi Ramadniya, menurut dia, larangan tersebut sudah diberlakukan secara nasional. Apalagi menjelang Lebaran para PNS sudah menerima tunjangan hari raya (THR), gaji ke-13 dan gaji bulanan.

“Jika ada PNS yang menerima gratifikasi wajib menyampaikan laporan serta membawa pemberian yang diterima ke Inspektorat. Komitmen ini sesuai pakta integritas dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih,” ujar Syahruna.

Sementara, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Klaten, Sunarna menyebutkan, gaji ke-13 sudah cair pada Rabu (29/6), dan THR bagi PNS Klaten cair Kamis (30/6). Hal itu menyusul turunnya payung hukum Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 19 dan 20 Tahun 2016.

“Sudah cair (THR dan gaji ke 13). Lalu besok (Jumat,1/7), akan dicairkan gaji untuk bulan Juli. Terkait anggaran, untuk gaji ke-13 sebesar Rp 60,4 Miliar dan THR sebesar Rp 51,037 Miliar yang akan diberikan kepada 13.399 PNS,” sebut Sunarna.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge