0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Roro Hoyi Siap Sambut Pemudik

Pentas ketoprak Seniman Muda Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Menyambut pemudik yang pulang kampung, Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS), Sabtu (2/7),  bertempat di Gedung Kesenian Taman Balekambang Solo akan mementaskan lakon spesial  “Roro Hoyi, Geger Metaram”.

Humas Koordinator KSMS Suharno melalui rilisnya yang diterima Timlo.net, Kamis (30/6) menyebutkan, lakon Roro Hoyi, memang khusus dipersiapkan menyambut pemudik Lebaran.

“Lakon ini jarang dipentaskan, menjelang Lebaran sengaja kita persiapkan untuk menghibur dan mengobati rindu para penggemar ketoprak yang berada di luar kota, yang tengah mudik di Kota Solo. Untuk tidak mengecewakan penggemar ketoprak, pentas digarap secara klasik, disutradarai pemain senior KSMS, Eko Sutarno,“ paparnya.

Sutradara KSMS, Eko Sutarno mengataku siap menyutradarai lakon Roro Hoyi dengan garap klasik. Pakem ketoprak gaya Mataram akan  digunakan sebagai acuan pentas.

“Roro Hoyi tergolong lakon blangkon. Artinya penonton fanatik sudah hafal alur ceritanya. Tetapi pentas nanti  akan kami berikan sentuhan berbeda. Dramartugi kita garap dengan pendekatan modern. Layaknya kisah sinetron.  Intrik dan konflik kisah segitiga antara Sultan Amangkurat dan putranya Tedjaningrat dalam memperebutkan Roro Hoyi  yang berakhir tragis, akan kami garap lebih humanis,“ jelas Eko.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge