0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kisah Cinta Habibie dalam Sepotong Kain Batik

timlo.net/ichsan rosyid
Kemeja dengan motif Rudy Habibie (kiri), dipajang di Batik Keris Coyudan (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — PT Batik Keris membuat motif batik Rudy Habibie sebagai bentuk penghormatan untuk Presiden Ketiga RI, BJ Habibie. Motif tersebut menceritakan sosok Habibie termasuk kisah asmaranya dengan istri tercinta, Siti Ainun Habibie yang telah wafat.

“Motif ini kami produksi terbatas. Hanya dua ribu potong,” kata Istri Pimpinan Batik Keris, Lina Handianto, Rabu (29/6).

timlo.net/ichsan rosyid

Istri Pimpinan Batik Keris, Lina Handianto mengenakan pakaian bermotif Rudi Habibie (timlo.net/ichsan rosyid)

Motif tersebut merupakan gabungan berbagai motif lawas dan baru. Berwarna dasar biru tua dengan ornamen khas batik Solo, motif tersebut terkesan berwibawa. Dalam motif itu didapati corak parang yang melambangkan pribadi Habibie yang ksatria.

“Beliau tetap setia kepada bangsanya. Meskipun di luar negeri beliau di luar negeri beliau dibayar lebih mahal, beliau memilih pulang untuk membangun bangsa,” tutur Lina.

Corak Truntum dan Wijaya Kusuma melambangkan kisah cina Habibie dan Ainun yang sempat difilmkan tahun 2012 silam. Truntum sendiri melambangkan cinta sedangkan wijaya kusuma menceritakan keberhasilan Habibie memenangkan (wijaya) cinta Ainun yang dilambangkan bunga (kusuma).

“Di sini juga ada Garuda Angsa yang artinya Bapak Habibie dan Ibu Ainun akhirnya bersatu,” terang Lina.

timlo.net/ichsan rosyid

Pengrajin sedang membatik kain dengan motif Rudy Habibie (timlo.net/ichsan rosyid)

Habibie sendiri tak pernah melupakan istrinya tercinta meski telah wafat.

“Cinta sampai mati itu namanya cinta sejati. Kalau saya sudah lebih naik lagi, sudah meninggal pun saya tetap cinta. Itu namanya cinta ilahi,” kata Habibie.

Batik Rudy Habibie diproduksi berupa kain sepanjang dua meter dan kemeja. Satu potong dijual seharga Rp 200 Ribu untuk bahan biasa. Sedangkan bahan sutra dijual seharga Rp 3,9 juta. Sedangkan kemeja, bisa dibeli dengan harga Rp 350 Ribu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge