0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Habibie : Hardware Boleh Kuno, Tapi Software….

timlo.net/ichsan rosyid
Presiden Ketiga RI, BJ Habibie memberi pengarahan kepada UKM binaan Batik Keris dalam acara Indonesia Berkarya yang diprakarsai Lions Club Solo dan PT Batik Keris, Rabu (29/6) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Usia lanjut tak menghalangi Presiden Ketiga RI, BJ Habibie untuk terus berkarya. Di usianya yang ke-80, pria yang sempat menjabat Wakil Presiden RI itu masih tampak bugar bahkan masih mengikuti kegiatan Indonesia Berkarya di Batik Keris Coyudan, Rabu (29/6).

“Hardware boleh kuno. Tapi software masih bisa mengikuti perkembangan jaman,” selorohnya di depan puluhan pengrajin batik yang mengikuti acara itu.

Dalam kesempatan tersebut, ia menceritakan salah satu kebijakan pemerintah pada waktu dirinya masih menjabat Menteri Riset dan Teknologi di era Orde Baru. Waktu itu, pemerintah memiliki program Plasma Inti Rakyat dimana masyarakat mendapat bantuan permodalan maupun pendampingan dari pemerintah untuk mengembangkan usaha.

Ia juga sempat memotivasi para pengrajin untuk terus berkreasi dan mengikuti perkembangan jaman. Inovasi dan kreativitas mutlak diperlukan agar bisa bersaing di jaman yang serba cepat ini. Meski demikian, ia mengingatkan agar pengrajin dan pengusaha bekerja sama dengan baik dan saling menguntungkan.

“Selama jalannya lurus dan halal, 1+1 bisa jadi 2.000. Tapi kalau melenceng, 1+1 bisa jadi minus 200,” sarannya.

Ia mencontohkan, Batik Keris yang merangkul pengrajin batik keris baik kain, kayu maupun di bahan lain merupakan salah satu wujud sinergi positif antara pengusaha dan rakyat. Ia berharap, pengusaha lain bisa mencontoh Batik Keris dalam mengangkat pengrajin di Indonesia.

“Habibie kalau sudah bicara susah berhenti. Makanya sudah saja ya,” kata dia setelah berbicara sekitar sepuluh menit.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge