0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Putu Sudiartana, KPK Tetapkan Empat Tersangka

dok.merdeka.com
I Putu Sudiartana ┬ędpr.go.id (dok.merdeka.com)

Timlo.net — KPK menetapkan anggota Komisi III DPR I Putu Sudiartana (IPS) sebagai tersangka kasus suap. KPK menyita uang 40.000 Dolar Singapura saat menggeledah kediaman Wakil Bendahara Umum Partai Demokrat itu di Ulujami, Jakarta Selatan.

“Penyidik menyita uang 40 ribu Dolar Singapura dari rumah IPS dengan pecahan 1.000 dolar,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Rabu (29/6).

Dalam kasus ini, KPK juga menetapkan empat tersangka lainnya. Mereka adalah Kepala Dinas Prasarana Wilayah, Tata Ruang dan Permukiman Sumbar dengan inisial SPT dan seorang dan seorang pengusaha berinisial Y sebagai pemberi suap.

Sedangkan tersangka lainnya adalah NOV yang merupakan sekretaris Putu Sudiartana dan SUH, orang kepercayaan Putu, sebagai tersangka.

Sementara suami NOV yang turut ditangkap, dilepaskan KPK dan sewaktu-waktu akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

“Setelah diperiksa selama 1×24 jam dan dilakukan ekspose ditetapkan para tersangka,” kata Basaria.

SPT dan Y sebagai pemberi disangkakan pasal 5 ayat 1 atau pasal 13 UU Tipikor jo pasal 55 ayat ke 1 KUHP.

Sedangkan tiga tersangka lainnya termasuk Putus dikenakan pasal 5 ayat 2 UU No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Basaria menambahkan, kasus ini terkait proyek jalan di Sumatera Barat.

“Kasusnya ini terkait pembangunan 12 ruas jalan di Sumbar. Nilainya Rp 300 Miliar,” ujar dia.

Sedangkan Wakil Ketua KPK Laode Syarif menambahkan dana proyek pembangunan jalan ini bersumber dari APBN-P tahun 2016 dengan masa pengerjaan menggunakan tiga tahun anggaran.

[bal]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge