0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FP UNS Sulap Ubi Ungu Jadi Es Krim

timlo.net/eko prasetyo
Es Krim hasil karya Fakultas Pertanian UNS (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Tim dari Program Studi (Prodi) Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) berhasil  menyulap ubi ungu menjadi beragam makanan. Salah satunya adalah es krim.

“Salah satunya agar mengundang nafsu sekaligus bentuk kreativitas,” jelas dosen Program Studi (Prodi) ITP FP UNS, Ardhea Mustika Sari MSc kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Rabu (29/6).

‪Dosen Prodi ITP FP UNS, Ardhea Mustika Sari MSc yang merupakan anggota tim mengatakan, sebenarnya untuk pembuatan es krim dengan bahan utama ubi ungu ini sudah berjalan sekitar dua tahun. Selama ini memang belum diproduksi secara masal dan hanya dijual di lingkungan FP UNS serta melayani pemesanan.

Menurut Ardhea, untuk pembuatan es krim dari ubi ungu tergolong mudah. Bahannya antara lain, terbuat dari susu cair, telur, ubi ungu kukus, perisa durian atau bisa diganti buah lain, gula pasir dan garam.  Cara pembuatan, semua bahan dicampur dengan mixer kecuali ubi ungu. Ubi ungu ini dimasukkan paling terakhir lalu di mixer lagi.

“Setelah proses tersebut selesai, baru kemudian dibekukan dan es krim ubi rasa durian  siap untuk disajikan atau dijual. Harga per cup nya yaitu Rp 2.500,” kata Ardhea.

‪ Ardhea mengatakan, pembuatan es krim dilakukan di laboratorium Prodi ITP FP UNS. Pemasarannya, selain disediakan untuk civitas akademika khususnya di FP UNS, juga dipasarkan di Omah Telo yang merupakan galeri untuk mewadahi hasil karya mahasiswa dan binaan Prodi ITP FP UNS yang berada di Tawangmangu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge