0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Chobra, Mahasiswa UMS Siap Ikut Asian Orienteering

timlo.net/eko prasetyo
Chobra (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Chobra, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengaku siap mengikuti kompetisi orienteering dalam ajang The 5 th Asian Orienteering Championships 2016 di Chia-yi Taiwan.

“Meski masih satu bulan lagi pelaksanaannya, tapi saya sudah mulai melakukan persiapan,” ujar pemilik nama lengkap Chobra Kumbara Saksi saat bertemu wartawan, di Kampus UMS, Pabelan Kartasura, Sukoharjo, Rabu (29/6).

Menurut Chobra, kompetisi The 5 th Asian Orienteering Championships 2016 di Taiwan akan digelar pada 26 hingga 30 Juli mendatang. Namun saat ini sudah harus menjalani training center atau di karantina.

“Setiap hari latihan dengan lari 10 kilometer dan lari naik turun tangga 10 kali,” kata Chobra.

Chobra mengatakan, dirinya mulai menggeluti olahraga orienteering sejak tahun 2011 lalu. Orienteering adalah salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas. Peta dan kompas tersebut untuk melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain atau point to point  di alam bebas. Biasanya merupakan daerah yang belum di kenali sebelumnya.

Peserta orienteering, menurut Chobra, harus bergerak cepat. Peserta diberi sebuah peta topografi, biasanya peta orienteering disiapkan secara khusus, yang akan mereka gunakan untuk menemukan titik control.

“Ya itu kayak mencari jejak kalau dalam Pramuka,” ujarnya.

Selain persiapan fisik, tidak lupa Chobra juga berdoa dan meminta restu dari orangtua, pihak fakultas, universitas dan teman-temannya supaya bisa diberi yang terbaik dalam kompetisi tersebut.

“Alhamdulillah dari pendanaan dapat dari fakultas, universitas serta cari sponsor,” kata Chobra.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge