0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelimpahan Jalan Propinsi Jadi Beban Baru Pemkab

Jalan Sudirman, dulunya milik propinsi kini dilimpahkan ke Pemkab Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Usulan pengambilalihan wewenang pengelolaan ruas jalan Pokoh, Klerong dan Malangsari hingga kini belum disetujui oleh Pemprov Jateng. Usulan yang diajukan sejak setahun lalu itu, belum ada respon. Namun justru Pemkab  Wonogiri kini dibebani dengan pelimpahan wewenang dan pengelolaan lima ruas jalan propinsi yang ada di Wonogiri.

“Padahal 2015 lalu, kita sebenarnya mengusulkan pelimpahan kewenangan untuk ruas jalan Pokoh,Klerong hingga Malangsari ke propinsi,tapi hingga kini belum di setujui,tapi  malahan di 2016 tiba- tiba saja kita mendapat pelimpahan lima ruas jalan propinsi,” ungkap Kabid Bina Marga,Prihadi Arianto mewakili Kepala DPU Wonogiri, Sri Kuncoro, Rabu (29/6).

Menurutnya, pelimpahan jalur Pokoh, Klerong hingga Malangsari tersebut bukanlah tidak berdasar. Ruas jalan tersebut perlu peningkatan,pasalnya jalur tersebut kini merupakan jalur sentra industri. Dimana saban harinya jalan tersebut dilalui kendaraan bertonase besar, seiring munculnya pabrik-pabrik di jalur tersebut. Bahkan,usulan itu pun bersinergi dengan usulan Pemkab Sukoharjo.Dimana ruas jalan tersebut berkesinambungan antara Wonogiri dan Sukoharjo.

“Kalau kita yang mengelola jalur Pokoh, Klerong dan Malangsari, kemungkinan kita kewalahan. Karena untuk pemeliharaan atau peningkatan jalan kita membutuhkan anggaran sekitar Rp 20 miliar, maka dengan alasan itu kita usulkan untuk diambil alih propinsi,” katanya.

Diakuinya,dengan pelimpahan kewenangan pengelolaan jalan propinsi tersebut Pemkab Wonogiri harus siap-siap dengan beban baru. Sedang total ruas jalan milik propinsi yang dilimpahkan ke Pemkab Wonogiri memiliki panjangnya sekitar 10 kilometer.

“Lima ruas jalan propinsi yang saat ini yang dilimpahkan ke Pemkab yaitu ruas jalan Selogiri mulai patung macan hingga  selatan jembatan Nguter, Jl Jendral Ahmad Yani hingga Ponten, kemudian jalan Jensud (Jl Jendral Sudirman) mulai dari  depan Pasar Kota hingga Tugu Kalpataru, Donoharjo dan Jalan Pemuda 1 dan 2,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge