0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Serangan Bom Turki, Facebook Hidupkan Fitur Safety Check

Safety check Facebook. (Dok: Timlo.net/Mirror.co.uk)

Timlo.net—Facebook menghidupkan fitur Safety Check setelah serangan bom bunuh diri di bandara Istanbul di Turki. Fitur ini mengizinkan para pengguna Facebook yang tinggal di sekitar lokasi kejadian untuk memberitahu teman-teman jika mereka selamat. Fitur ini juga bisa digunakan oleh pengguna untuk mengecek jika teman atau keluarga mereka di sekitar lokasi kejadian aman.

Fitur ini akan secara otomatis mengirim sebuah pesan kepada para pengguna di sekitar lokasi kejadian dengan pertanyaan jika mereka aman. Pesan itu akan tertera di bagian atas timeline mereka. Begitu dijawab, Facebook akan memberikan jawaban itu sebagai notifikasi terhadap seluruh teman Facebook sang pengguna.

Paling tidak ada sekitar 36 orang terbunuh dalam serangan itu dan sekitar 147 orang terluka di bandara terbesar di Turki itu. Tiga pelaku bom bunuh diri meledakkan diri di Bandara Ataturk di Istanbul, Turki setelah polisi menembaki mereka. Turkish Airline sementara ini menunda semua jadwal penerbangan mereka.

Dalam sebulan ini, Facebook sudah mengaktifkan Safety Check selama dua kali. Pertama adalah selama kasus penembakan massal di Orlando, Amerika Serikat (AS). Safety Check sebenarnya diciptakan untuk merespon bencana alam, tapi Facebook memperluas fitur ini untuk menyertakan serangan teror setelah peristiwa bom di Paris, Perancis.

Perusahaan teknologi itu berkata jika mereka berencana supaya fitur ini diaktifkan oleh pengguna sendiri. Hal ini untuk mempercepat respon waktu saat menghadapi krisis. “Kami telah mulai menguji sebuah sistem di mana kami bisa menggunakan sinyal komunitas untuk membiarkan kami tahu kapan alat ini relevan sebelum kami mengetahuinya,” kata seorang petinggi Facebook sebelumnya kepada the Mirror.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge