0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

25 Ribu Pemudik bakal Padati Terminal Tirtonadi

dok.timlo.net
Terminal Tirtonadi sisi barat (dok.timlo.net)

Solo — Lonjakan penumpang di Terminal Tirtonadi, Solo dipredikasi terjadi pada Jumat-Sabtu (1-2/7) mendatang. Meski begitu, geliat penumpang telah terasa mulai saat ini.

“Saat ini terjadi kenaikan penumpang sebesar 2 persen dari hari biasa yang mencapai 10.000 penumpang,” terang Kepala Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto, Rabu (29/6).

Berdasarkan data yang dimiliki, tahun lalu tercatat sebanyak 20.000 pemudik memadati Terminal Tirtonadi. Diprediksi tahun ini meningkat menjadi 25.000 pemudik. Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di terminal tipe A tersebut, pihak terminal telah mempersiapkan bus cadangan untuk memberangkatkan para penumpang.

“Kebanyakan pemudik menuju arah timur jurusan Madiun, Jombang, Surabaya,” terang Eko.

Bus cadangan yang digunakan, harus melewati uji standart kelayakan angkutan atau ramp check. Jika tidak memenuhi unsur tersebut, maka bus tidak mendapat ijin mengangkut pemudik.

“tahun ini sangat ketat terkait aturan angkutan yang digunakan mudik lebaran, termasuk pengecekan kesehatan para supir bus. Jika mereka diindikasi memiliki penyakit, maka tim kesehatana akan mengeluarkan rekomendasi tidak boleh menyopir bus. Dan perusahaan wajib mengganti dengan sopir cadangan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge