0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditemukan Vaksin BCG Palsu, Dua Klinik Bakal Disanksi

Vaksin (dok.timlo.net/nanin)

Timlo.net — Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang menemukan indikasi vaksin BCG (bacillus calmette guerin) palsu di Semarang.

“Vaksin BCG yang terindikasi palsu itu kami temukan di dua klinik kesehatan di Semarang saat melakukan penelusuran di puluhan rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan,” kata Kepala BPOM Semarang Endang Pudjiatmi di Semarang, Selasa (28/6).

Pada vaksin BCG yang diduga palsu itu, BPOM Semarang tidak menemukan ijin edar dan waktu kedaluwarsa. Guna memastikan apakah itu palsu atau tidak, BPOM telah mengambil contoh vaksin yang terindikasi palsu itu dan kemudian dikirim ke laboratorium di Jakarta.

“Contoh vaksin dikirim ke Jakarta untuk diteliti karena di Semarang belum ada alat yang digunakan untuk uji vaksin,” ujarnya.

Dari uji di laboratorium, kata dia, akan diketahui komposisi apa yang digunakan, termasuk zat aktif apa yang terkandung di dalamnya.

“Jika hasil pengujiannya nanti vaksin itu dinyatakan palsu, kami akan merekomendasikan kepada intansi pemberi ijin operasional klinik tersebut untuk memberi sanksi berupa peringatan keras, memberhentikan sementara kegiatan, atau pemberhentian ijin selamanya,” katanya.

Endang mengimbau masyarakat agar melakukan imunisasi untuk anaknya di rumah sakit resmi milik pemerintah guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge