0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rabu, Tol Solo-Sragen Bisa Dilalui

timlo.net/ichsan rosyid
Dishubkominfo, Polsek yang dilalui Tol Solo - Sragen bersama PT Solo Ngawi Jaya meninjau kesiapan jalan tol, Selasa (28/6). Tol akan dioperasikan Rabu (29/6) (timlo.net/ichsan rosyid)

Karanganyar — Tolo Solo-Ngawi ruas Solo-Sragen sudah bisa dilalui pemudik mulai Rabu (28/6). Meski belum sepenuhnya selesai dikerjakan, jalan sepanjang 25 Km itu akan dibuka sementara selama arus mudik dan balik Lebaran 2016.

“Memang pengerjaannya baru sekitar 40 persen tapi sudah bisa dilalui. Sementara kami buka untuk membantu mengurangi lalu lintas di dalam kota Solo,” kata David Wijayatno, Selasa (28/6).

Tol tersebut rencananya akan dibuka dari pintu masuk Klodran, Karanganyar sampai pintu keluar di Pungkruk, Sragen mulai Selasa (28/6) sampai Kamis (7/7). Selanjutnya, mulai Jumat (8/7) sampai Kamis (14/7), jalan tersebut akan dioperasikan searah dari Sragen menuju Klodran.

“Saat ini baru dua lajur yang bisa dilalui. Jadi nanti kita operasikan satu arah,” kata David.

Kendaraan yang boleh melalui tol itu nantinya akan dibatasi untuk mobil-mobil pribadi saja. Untuk kendaraan umum dan angkutan barang belum dibolehkan lewat dengan alasan, masih ada beberapa bagian jalan yang belum selesai sehingga berbahaya untuk kendaraan berat.

Ia menambahkan tol yang bisa ditempuh selama 45 menit itu hanya akan dioperasikan siang hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB mengingat belum ada penerangan di sepanjang jalan. Sehingga jalan tersebut berbahaya bila dilalui malam hari.

“Yang jelas, nanti jam 18.00 WIB, jalan ini sudah bersih. Semua kendaraan sudah keluar,” kata dia.

Tol Solo - Sragen dari atas

Tol Solo – Sragen dari atas (timlo.net/ichsan rosyid)

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Solo, Sri Baskoro mengatakan dibukanya tol ruas Solo – Sragen diharapkan dapat mengurangi beban lalu lintas dalam Kota Solo hingga 20 persen atau setara 1.720.000 mobil. Hanya saja, angka itu hanya bisa tercapai bila ruas tol tersebut beroperasi optimal. Untuk itu, pihak Dishubkominfo telah menyiapkan rambu-rambu penunjuk arah untuk pemudik.

“Pengguna kendaraan yang mau ke arah Timur akan kita arahkan lewat tol ini agar tidak masuk kota,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge