0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kepala DKK: Tidak Ada Vaksin Palsu

dok.timlo.net/dhefi nugroho
Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Dinas Kesehatan Kota Solo menjamin keaslian vaksin yang beredar di Solo. Vaksin yang digunakan di seluruh layanan kesehatan di Solo bersumber dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) yang dipastikan keasliannya.

“Kita mengambil langsung dari provinsi. Jadi di Solo tidak pernah ada pembelian vaksin,” kata Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, Senin (27/6).

Rantai distribusi vaksin di Solo, menurutnya, diawasi ketat mulai dari produsen hingga rumah-rumah sakit dan puskesmas. Produsen vaksin yang ditunjuk pemerintah, Biofarma, langsung mengirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Dari sana, vaksin untuk Kota Solo dikirim ke DKK kemudian disalurkan ke rumah-rumah sakit dan puskesmas.

“Untuk fasilitas kesehatan milik pemerintah, kita pastikan tidak ada vaksin palsu karena semua mengambil dari DKK,” kata dia.

Tak hanya rumah sakit yang dikelola pemerintah, rumah-rumah sakit swasta pun, menurut Siti, juga mengambil vaksin dari DKK. Dengan demikian, DKK menjamin keaslian vaksin yang beredar di Solo.

“Biasanya yang swasta juga ambil dari kita. Makanya saya heran kalau ada yang bilang vaksin dari rumah sakit swasta lebih baik daripada dari rumah sakit negeri,” tambahnya.

Kualitas vaksin di sepanjang rantai distribusi pun diklaim terus dijaga. Distribusi vaksin di Solo mengunakan sistem distribusi rantai dingin. Artinya, selama proses penyimpanan dan transportasi, vaksin selalu dijaga suhunya tetap dingin untuk mempertahankan kualitasnya.

“Untuk swasta, mereka harus memenuhi syarat rantai dinginnya. Kalau untuk puskesmas, semuanya sudah memenuhi standar ISO (International Standard Organization). Jadi semuanya aman,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge