0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peredaran Narkoba Sulit Terdeteksi

dok.timlo.net/gg
Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Boyolali — Jaringan peredaran narkoba saat ini sangat sulit terdeteksi. Bahkan jaringan pengedar narkoba sudah menyasar ke sekolah-sekolah dasar hingga mahasiswa. Untuk itu, masyarakat Boyolali dihimbau lebih waspada dan diharapkan bisa melakukan deteksi dini.

“Caranya… ya dengan tes urin, dari tes urin ini nantinya bisa diketahui tubuh kita terkena dampak narkoba dari makanan yang dikonsumsi atau tidak,” kata Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Pemkab Boyolali, Joko Prasetyo, usai memimpin apel Hari Anti Narkoba di Halaman Setda Boyolali, Senin (27/6).

Sulitnya jaringan narkoba terdeteksi, para pengedar banyak yang menggunakan trik, seperti misalnya menyelipkan narkoba dalam makanan ringan yang biasa dikonsumsi anak-anak. Hal inipun membuat anak-anak menjadi ketagihan. Penyalahgunaan narkoba dapat berpengaruh pada kesehatan  manusia. Narkoba bisa mengakibatkan kesehatan tidak stabil baik secara fisik maupun kesehatan mental. Daya ingat pun ikut menurun.

“Sangat berbahaya bagi anak-anak, mereka bisa kecanduan,” tambahnya.

Disisi lain, pihaknya mengajak masyarakat Boyolali untuk memerangi penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Pihaknya juga meminta masyarakat untuk segera melapor ke pihak berwajib jika mengetahui dan mencurigai penyalahgunaan narkoba.

“Semua harus turun tangan menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge