0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Orang Kreatif Lebih Sering Bermimpi Buruk

Tidur. (dok.timlo.net/google.images)

Timlo.net—Mimpi-mimpi buruk Anda mungkin memberikan petunjuk tentang sesuatu yang luar biasa. Sebuah penelitian terbaru menyatakan jika orang yang sering menderita mimpi buruk lebih kreatif dibandingkan dengan mereka yang jarang bermimpi buruk.

Para peneliti dari Kanada bertanya kepada kepada para penderita mimpi buruk dan pemimpi baik untuk menyatakan respon yang muncul pertama kali dalam pikiran mereka saat dengan kata-kata. Mereka yang biasa memiliki mimpi baik biasanya mengatakan kata-kata yang bisa diprediksi seperti sukacita saat mendengar kata bahagia atau geram saat mendengar kata marah.

Tapi mereka yang mengalami mimpi buruk paling tidak dua kali per minggu lebih kreatif. “Mereka merespon kata marah dengan kata-kata seperti merah dan wajah,” kata pemimpin penelitian Michelle Carr, Ph.D. (c) dari the Dream & Nightmare Laboratory di the Hôpital du Sacré-Coeur de Montréal, Kanada.

“Pikiran mereka tidak mengikuti pola-pola berpikir yang umum,” tambahnya.

Hal ini menunjukkan jika otak mereka memiliki respon logis yang berbeda dari yang umumnya muncul dari proses berpikir yang lebih konvesional, sebuah tanda yang jelas dari kreativitas. Sebuah hubungan yang umum antara kreativitas saat orang itu beraktivitas dan mimpi buruk mungkin adalah sensitivitas yang tinggi. Orang yang kreatif cenderung mengalami peristiwa-peristiwa dalam tingkat yang lebih dalam. Mereka lebih peka terhadap perasaan dan indera mereka, sehingga berpikir dan mengekspresikan perasaan dengan cara-cara yang tidak biasa.

Hasilnya? Saat Anda tertidur, yang diterima indera dan perasaan diubah menjadi mimpi-mimpi yang jelas, intens dan imaginatif. Mimpi-mimpi yang terasa sangat jelas tidak selalu bermakna buruk. Tapi jika Anda stres atau gelisah, mereka bisa menimbulkan mimpi buruk.

Sumber: Men’s Health.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge