0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Piala Eropa

Griezmann Bawa Prancis ke Perempatfinal

dok.merdeka.com
Antoine Griezmann (c) Afp (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Perjalanan tuan rumah Prancis di Piala Eropa 2016 belum terhenti. Les Bleus sukes melaju ke perempatfinal usai mengalahkan Republik Irlandia dalam partai sengit Stade de Lyon, Minggu (26/6) malam.

Prancis nyaris kalah dalam laga 16 besar ini karena tertinggal dulu di awal pertandingan. Beruntung bagi Prancis, Antoine Griezmann menjadi pahlawan dengan memborong dua gol kemenangan.

Publik tim tamu Republik Irlandia langsung berpesta ketika laga baru berjalan dua menit. Wasit Nicola Rizzoli menunjuk titik putih karena Paul Pogba melanggar Shane Long.

Robbie Brady yang maju sebagai algojo sukses mengecoh kiper Hugo Lloris. Eksekusinya berbuah gol meski sempat mengenai bagian dalam tiang gawang. 1-0 Republik Irlandia memperoleh gol cepat.

Kebobolan membuat Prancis meningkatkan level serangannya. Pertahanan Irlandia dibuat bulan-bulanan bagi Prancis untuk segera membuat gol penyama. Peluang Griezmann sempat membahayakan gawang Irlandia pada menit ke-18. Namun, Randolph lagi-lagi berada di posisi yang tepat untuk mengamankan gawangnya.

Gempuran-gempuran Prancis memaksa Randolph bekerja keras pada menit-menit berikutnya. Pada menit ke-22, dia dengan sempurna menangkap bola tembakan Griezmann. Tak berselang lama, dia menunjukkan reaksi yang sangat baik ketika menggagalkan tendangan bebas Pogba yang mengarah ke pojok atas gawang.

Prancis terus menekan Irlandia di sisa babak pertama. Akan tetapi, mereka tak mendapatkan peluang berarti. Hingga turun minum, mereka masih ketinggalan 0-1. Prancis langsung tancap gas menyerang di awal babak kedua.

Percobaan Payet pada menit ke-53 juga belum menghasilkan gol untuk Prancis. Tendangan mendatarnya dari luar kotak penalti tak menemui sasaran. Pemain kidal, Blaise Matuidi tak ketinggalan untuk berusaha menjebol gawang Irlandia. Matuidi melepaskan tembakan jarak jauh, tapi masih bisa ditepis Randolph.

Seisi Stadion pecah ketika Griezmann berhasil mengoyak jala gawang Irlandia di menit 58. Umpan silang Bacary Sagna, ditanduk oleh Griezmann tanpa bisa dihalau Randolph. Kedudukan pun menjadi 1-1. Hal ini membuat Prancis lebih percaya diri.

Hanya berselang dua menit saja, Griezmann sukses menjebol gawang Irlandia untuk kedua kalinya. Berawal dari sebuah umpan panjang ke lini pertahanan Irlandia. Olivier Giroud dengan cerdik memantulkan bola ke arah Griezmann, yang tanpa kesulitan melesakkan bola ke pojok gawang Randolph.

Penderitaan Irlandia bertambah di menit 66. Bek Duffy diusir wasit karena melanggar Griezmann. Tackle keras Duffy sebagai pemain terakhir di belakang Griezmann, membuat Rizzoli langsung mengeluar kartu merah untuknya. Hal ini membuat perjuangan Irlandia makin berat.

Striker pengganti Prancis, Andre-Pierre Gignac, punya dua peluang beruntun pada menit ke-77, tapi dua-duanya tak berbuah gol. Tembakannya yang pertama dibendung Randolph, sementara usaha keduanya hanya menghantam mistar. Pada menit ke-86, usaha Gignac juga tak berujung gol. Sontekannya meneruskan umpan silang Matuidi masih melebar.

Skor 2-1 untuk kemenangan Prancis bertahan hingga laga bubar. Prancis pun lolos ke perempatfinal melawan pemenang antara Inggris kontra Islandia yang baru bertanding, Selasa (28/6) dinihari.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge