0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hendak Transaksi Upal, Pecatan TNI Ditangkap

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Seorang pecatan TNI, AN (28), diringkus personel Polsek Medan Kota. Dia kedapatan mengedarkan uang palsu.

“Tersangka ini warga Jalan Serdang Medan. Dia merupakan mantan anggota TNI yang bertugas di Aceh namun PDTH pada 2004 karena disersi,” kata Kanit Reskrim Medan Kota AKP Martualesi Sitepu, Minggu (26/6).

AN diringkus tak jauh dari Mapolsek Medan Kota, tepatnya di Jalan Stadion Teladan, Kamis (23/6). Penangkapannya berawal dari informasi yang diterima polisi soal ada laki-laki yang memiliki uang palsu dan siap melakukan transaksi.

Berdasarkan ciri-ciri yang telah diketahui, polisi mengamankan AN di depan kios kelapa muda di Jalan Stadion Teladan. Dia digeledah. Dari dalam tas sandangnya ditemukan 86 lembar pecahan Rp 50.000 yang diduga palsu dan satu unit telepon genggam.

Petugas kemudian membawa AN dan barang bukti ke Mapolsek Medan Kota untuk diperiksa lebih lanjut. Berdasarkan pengakuannya, uang palsu itu dia dapat dari T (DPO).

“Mereka kenal sejak Februari lalu dan sudah sering mengedarkan uang palsu. Sebagian hasil penjualan uang palsu digunakann untuk beli narkoba,” jelas Martualesi.

Dia memaparkan AN disangka melanggar Pasal 245 KUHP atau Pasal 36 ayat (2) UU No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Pasal ini memuat ancaman hukuman di atas 9 tahun penjara.

“Pelaku masih menjalani pemeriksaan secara intensif untuk dapat mengungkap jaringannya,” tandas Martualesi.

[did]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge