0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Piala Eropa

Singkirkan Kroasia, Portugal ke Delapan Besar

dok.timlo.net/gg
Dua bintang Portogal, Nani dan Ronaldo (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net — Portugal secara mengejutkan mampu melaju hingga ke babak delapan besar atau perempatfinal Piala Eropa 2016. Portugal sukses menyingkirkan kuda hitam Kroasia di Stade Bollaert-Delelis, Minggu (26/6) dini hari lewat gol semata wayang Ricardo Quaresma.

Kroasia turun dengan kekuatan terbaiknya, termasuk kembali hadirnya Luka Modric yang berkolaborasi dengan Ivan Rakitic. Tak ada peluang berarti yang tercipta sampai 20 menit pertandingan berjalan. Kesempatan pertama baru tercipta di menit ke-25 oleh Portugal. Umpan lambung Raphael Guerreiro dari tendangan bebas di sisi kiri disambut sundulan Pepe, namun melambung.

Lima menit berselang, Kroasia balas mengancam. Bermula dari Nani yang memberikan bola cuma-cuma di tengah lapangan, Milan Badelj melepaskan umpan terobosan ke Ivan Perisic di sisi kanan. Perisic mencoba melakukan gerakan memotong ke tengah dan melepaskan sepakan, tapi masih melebar di sisi kanan gawang.

Kroasia punya kesempatan bagus di menit ke-40, ketika Ivan Strinic menerima umpan terobosan di sisi kiri dan dalam posisi bebas. Hanya saja upayanya melepaskan umpan silang tak menemui rekan setim dan dihalau Portugal. Skor kacamata 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, sebuah serangan cepat Kroasia dari kiri nyaris memberikan ancaman serius untuk Portugal. Umpan silang Strinic melesat ke depan gawang dan coba ditanduk Marcelo Brozovic, tapi gagal karena bola melaju terlalu deras.

Menit ke-61, Kroasia kembali menciptakan peluang. Umpan lambung Srna disambut Domagoj Vida yang berdiri cukup bebas, tapi sundulannya berakhir melebar ke kiri gawang. Sebuah umpan dari Adrien Silva diterima Nani di dalam kotak penalti pada menit ke-63, namun sundulannya jauh di kanan gawang. Dalam prosesnya menyambut bola, Nani terjatuh usai berduel dengan Strinic. Tapi wasit bergeming.

Sampai babak kedua berakhir, tak juga ada gol tercipta. Selama 90 menit bahkan tak ada peluang yang mengarah ke gawang dari kedua tim. Laga pun dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Peluang diperoleh Perisic dari luar kotak penalti menyambut umpan Vedran Corluka masih tipis di atas gawang. Dua menit berselang, Nikola Kalinic mendapatkan ruang di sisi kanan tapi tembakannya melebar.

Justru Portugal yang berhasil menceploskan gol. Berawal dari umpan silang Nani dari kiri disontek Ronaldo ke tiang jauh, meski bisa ditepis Danijel Subasic. Namun bola muntah dengan mudah disambar Ricardo Quaresma ke dalam gawang.

Di menit-menit akhir babak tambahan, Kroasia hampir menyamakan kedudukan. Tapi sepakan Vida tipis saja menyamping di kanan gawang. Laga berakhir dengan kemenangan Portugal 1-0. Portugal pun melenggang ke perempatfinal dan akan menantang Polandia yang menyingkirkan Swiss via adu penalti.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge