0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petugas Dishub Tambah Empat CCTV di Titik Rawan Macet

Pantauan CCTV Dishubkominfo Solo yang berada di perempatan Dawung, Danukusuman, Serengan (ist)

Solo – Mengantisipasi arus mudik dan balik Lebaran 2016, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo menambahkan cctv (closed circuit television) di empat titik persimpangan. Pemasangan tersebut diharapkan dapat membantu mengendalikan lalu lintas dengan lebih cepat.

“Dengan tambahan 4 titik ini, totalnya jadi 35 cctv yang terpasang di Solo,” kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Ari Wibowo, Sabtu (25/6).

Keempat lokasi tersebut berada di Tugu Makutha, Persimpangan Tugu Wisnu Manahan, simpang tiga Sumber, serta lampu lalu lintas Kelurahan Sumber. Menurut Ari, di persimpangan Tugu Wisnu sebenarnya telah terpasang cctv yang bersifat fixed (tidak bisa berputar arah). Kini cctv di persimpangan tersebut telah diperbarui dengan kamera yang bisa berputar.

“Semua traffic light yang ada cctv-nya sudah tersambung ke cc-room (central control room). Jadi bisa kita kendalikan dari sana,” kata dia.

Adanya cc-room dirasa sangat membantu dalam mengatur lalu lintas. Dari ruangan yang dipenuhi layar monitor itu, petugas Dishubkominfo bisa langsung mengatur durasi lampu lalu lintas. Jalur-jalur yang perlu diprioritaskan bisa diberi durasi lampu merah yang lebih pendek atau lampu hijau yang lebih lama.

“Kalau dari cc-room sudah tidak bisa ditangani, baru kita terjunkan petugas di lapangan,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge