0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Psikolog: Peran Ayah Penting untuk Tanggulangi LGBT

dok.timlo.net/tyo eka
Dosen Psikologi Universitas Gajah Mada (UGM), Dr Bagus Riyono (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Untuk menanggulangi merebaknya kasus Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) belakangan ini harus multidemisonal mulai dari keluarga, sekolah dan sistem hukum yang harus digarap secara bersama-sama.

“Berdasarkan hasil penelitian dari keluarga, ternyata peran ayah adalah penting sekali. Terutama untuk meredam pemicunya dengan menanamkan nilai-nilai positif,” tandas Dosen Psikologi Universitas Gajah Mada (UGM), Dr Bagus Riyono kepada Timlo.net, usai menjadi narasumber yang membahas fenomena LGBT, di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Sabtu (25/6).

Ia memisalkan anak yatim kenapa dilindungi karena telah kehilangan ayah. Padahal masih memiliki ibu. Tetapi ayah itulah yang sebenarnya menanamkan nilai-nilai. Begitu hilang ayah, maka anak bersangkutan kemudian survife, tetapi tidak mempunyai pegangan kuat. Karena itu ayah harus mengasuh anaknya. Baik dalam nilai, keimanan dan sebagainya.

“Disamping peran ayah bisa menjadi tameng dari gangguan temannya misalnya,” ujarnya.

Sedang dari sekolah, menurut Bagus, secara pola pikir pendidikan harus mengintegrasikan keimanan dan keilmuan. Jangan dipisahkan atau sekuler. Kalau sekuler maka anak-anak di sekolah tidak belajar tentang akhlak. Padahal fisika maupun kimia kalau diajarkan dengan keimanan akan terbangun ikatan spiritualnya.

“Di sinilah peran guru dalam memadukan peran keilmuan dan keimanan seseorang,” ujarnya.

 

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge